Manfaat Buncis Bagi Penderita Diabetes
Tanggal Posting : Rabu, 27 Oktober 2021 | 10:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 615 Kali
Manfaat Buncis Bagi Penderita Diabetes
Buncis sayuran yang mudah didapat ternyata memiliki manfaat bagi penderita diabetes.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang mudah didapat dan selalu ada sepanjang tahun. Harganya yang murah bukan berarti manfaatnya sedikit. Nyatanya, konsumsi Buncis setiap hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Buncis (Phaseolus vulgaris L.) adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

Secara tinjauan ilmiah Buncis telah diuji aktivitas antihiperglisemi dari ekstrak kental buah Phaseolus vulgaris L. pada tikus putih jantan diabetes yang disebabkan aloksan, demikian pula respon yang sama dari ekstrak yang diberikan pada tikus hiperglisemi yang disebabkan glukosa. Untuk pembanding digunakan klorpropamid sebagai standar antidiabetik oral.

Pada tikus diabetes aloksan, ekstrak diberikan secara oral dengan dosis 1 g/ kg dan 1, 5 g/kg bobot badan selama tujuh hari, menyebabkan penurunan kadar glukosa darah yang berarti. Penurunan kadar glukosa darah dimulai dari hari ketiga sampai dengan hari ketujuh setelah pemberian ekstrak yang mana efeknya kurang kuat bila dibandingkan dengan klorpropamid (22,5 mg/kg bobot badan).

Ekstrak buah Phaseolus vulgaris L. ketika diberikan secara oral kepada tikus hiperglikemi yang disebabkan glukosa, dengan dosis yang sama pada tikus diabetes aloksan, didapatkan sama-sama efektif terhadap penurunan kadar glukosa darah bila dibandingkan terhadap kelompok kontrol. Kenaikan maksimum kadar glukosa darah ditunjukkan pada jam pertama setelah pemberian secara oral, dan kemudian turun dibawah kadar awal pada jam ketiga.

Efek buah Phaseolus vulgaris L. sebagai antioksidan dan penurun lipid telah diuji pada tikus diabetes yang diinduksi dengan streptozotosin. Pemberian secara oral ekstrak air biji/polong Buncis (PPEt) dosis 200 mg/ kg BB selama 45 hari menurunkan kadar glukosa darah, trigliserida, asam lemak bebas, pospolipid, kolesterol total, LDL dan vLDL secara signifikan. Hasil uji menunjukkan bahwa aktivitas PPEt lebih efektif daripada glibenklamid.

Penyiapan dan Dosis: Buncis 1/2 kg. Buncis direbus dengan air sampai mendidih. Langsung dimakan tanpa nasi, sekali makan 1/2 kg selama 2 bulan. (Sumber: Buku "Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia VOL I Badan POM" tahun 2011, Hal. 14-15). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: