Berpartisipasi Menduniakan Jamu..! Metta Murdaya Terbitkan Buku Jamu Lifestyle
Tanggal Posting : Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 236 Kali
Berpartisipasi Menduniakan Jamu..! Metta Murdaya Terbitkan Buku Jamu Lifestyle
Metta Murdaya (tengah baju merah) berkomitmen melakukan kolaborasi dengan multi pihak, untuk mewujudkan tekadnya berpartisipasi menduniakan Jamu.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Partisipasi semua anak bangsa untuk menduniakan Jamu, di tengah upaya Pemerintah mengusulkan budaya sehat Jamu menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO, perlu diberi apresiasi.

Adalah Metta Murdaya yang berpartisipasi untuk menyebarkan Jamu ke seluruh dunia, dengan antara lain: menerbitkan buku "JAMU LIFESTYLE."

Metta Murdaya adalah pendiri JUARA Skin Care memperkenalkan buku barunya, JAMU LIFESTYLE: The Indonesian Herbal Wellness Tradition (Afterhours Books, Mei 2021, Hardcover) di pusat perbelanjaan di Jakarta, 20 Mei 2022.

1.Menampilkan Tokoh Jamu yang Mewakili Zamannya

Dalam buku JAMU LIFESTYLE, Metta Murdaya berbagi tradisi kesehatan Indonesia yang telah berabad-abad dengn memprioritaskan komunitas, kesenangan, dan keindahan.

Tampak hadir tokoh Jamu Nasional, Irwan Hidayat- Owner Sido Muncul, pengusaha-pengusaha muda yang peduli mengembangkan Jamu, seperti: Jony Yuwono- Founder dan CEO Acaraki, Nova Dewi Setiabudi- Co-Founder dan CEO  Suwe Ora Jamu.

Hadir pula Horatius Romuli- Owner dan CEO Jamu Mentjos yang sangat terkenal karena meramu Jamu secara turun-temurun di kedai Jamunya hingga eksis sampai sekarang. Master Kuliner Indonesia, William Wongso.

Sejumlah public figure yang peduli dengan pelestarian Jamu, agar tradis bangsa Indonesia ini tetap berkembang di tengah era digital, di tengah gelombang generasi milenial.

Ikut bahagia dalam gelaran sore hari itu adalah Murdaya Widyawimarta Poo- pengusaha nasional yang biasa dipanggil Murdaya Poo- adalah ayah dari Metta Murdaya.

Founder JamuDigital, Karyanto- yang hadir pada acara yang diharapkan menjadi arus penguat menduniakan Jamu itu, Karyanto sempat berbincang singkat dengan Murdaya Poo- tentang peminatan putrinya mengembangkan bisnis herbal dan Jamu.

Dipandu oleh Svida Alisjahbana sebagai host- para tokoh diatas dimintai pendapatnya tentang Jamu dan upaya Metta Murdaya yang berpartisipasi menduniakan Jamu.

Metta Murdaya-Buku Jamu Lifestyle

Keterangan Foto: Metta Murdaya (baju merah) sumringah menebar senyum kepada setiap tamu undangan yang menghadiri peluncuran bukunya JAMU LIFESTYLE. Termasuk dengan semangat membubuhkan tanda-tangannya di buku barunya itu- yang telah dimiliki para tamu undangan.

2.Ketertarikan Jamu di Amerika Terus Meningkat

Jamu itu lebih besar dari yang kita perkirakan dan bukanlah sekedar minuman. Jamu adalah sebuah tradisi kesehatan yang telah terbukti secara empiris dapat membantu kesehatan fisik dan mental kita, sekaligus sebuah warisan berbasis sosial yang membanggakan kita sebagai bangsa Indonesia.

COVID-19 dengan gamblang telah menunjukkan bahwa pengobatan ala Barat bisa efektif, namun tidak dapat menyembuhkan semua penyakit. Tubuh kita harus tahan banting dan akibatnya, tradisi minum Jamu kembali menjadi tren, dan pendidikan tentang Jamu semakin populer, bahkan di Amerika Serikat.

Seperti banyak tradisi kesehatan lainnya, Jamu mendorong adanya diet sehat, aktivitas teratur, dan pengobatan berbasis herbal. Akan tetapi yang membedakan Jamu adalah dalam hal bagaimana keterlibatan masyarakat, kesadaran menjadi bagian integral dari kesehatan itu.

Pandemi telah menunjukkan bahwa kesehatan mental kita adalah sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Dan Jamu adalah salah satu dari sedikit tradisi di dunia yang memiliki pendekatan holistik dan berbasis komunitas yang mendukung keduanya.

"Saya melihat bahwa banyak perusahaan mulai memunculkan Jamu di AS dan hal itu dilakukan oleh orang Amerika, bukan oleh orang Indonesia. Saya pikir kitalah yang seharusnya menjadi pembawa bendera tradisi Jamu kita di luar negeri, bersama para teman asing kita," Metta Murdaya menegaskan.

Dalam bukunya yang didesain indah, bermuatan foto-foto mewah dan diterbitkan oleh penerbit buku-buku premium Afterhours Books, Metta berbagi sejarah dan resep, ritual perawatan kecantikan, dan kisah-kisah pribadinya.

Dia menjelaskan tiga pilar yang mencakup filosofi kesehatan berbasis Jamu dengan cara yang mudah dipahami oleh para pembaca global. Buku ini juga menawarkan cara-cara sederhana untuk mempraktikkan gaya hidup Jamu, yaitu dengan mengejar kesehatan alami melalui pola pikir penuh kegembiraan.

Buku ini sangat cocok bagi para pemula penikmat Jamu yang penasaran dan menginginkan sebuah pengantar yang menghibur, bagi penggemar Jamu yang ingin menjelajahi lebih banyak, dan bagi siapa pun yang bangga menjadi bagian dari budaya Indonesia.

Metta juga merupakan pendiri JUARA, sebuah lini perawatan kulit yang diilhami oleh Jamu dan telah memenangkan banyak penghargaan dan dibuat di Amerika Serikat serta telah dijual di AS, Indonesia, hingga Selandia Baru.

Dengan lebih dari 100 foto berwarna yang sangat menarik, serta hampir 20 resep makanan dan minuman yang berbahan dasar herbal, disertai pengajaran dasar tentang cara mengintegrasikan Jamu ke dalam kehidupan sehari-hari, JAMU LIFESTYLE: THE INDONESIAN HERBAL WELLNESS TRADITION, membagikan filosofi perawatan diri ala Indonesia ke dunia.

Jamu tidak hanya sebuah tradisi kesehatan bagi para konsumen tetapi juga sebuah mesin ekonomi. Ekosistem bisnisnya mencakup para penjual individu yaitu para "Jamu Gendong," para perusahaan skala menengah, hingga para perusahaan besar yang mengekspor Jamu ke luar negeri.

Buku JAMU LIFESTYLE menyoroti para kontributor utama di industri, menampilkan mereka yang turut berkontribusi terhadap keragaman pengalaman ber-Jamu di Indonesia.

3. Kampanye Jamu Lifestyle di USA

Metta Murdaya (JUARA Skin Care) & Nova Dewi (Suwe Ora Jamu) memulai kampanye "Jamu Lifestyle USA Roadshow 2022" mereka di Amerika Serikat dengan sederet acara dan ceramah di diberbagai event.

Dengan menampilkan sejarah, bangsa, dan beragam inovasi Jamu untuk kecantikan dan kesehatan bagi masyarakat Amerika. Mereka berencana untuk terus melanjutkan kampanye ini hingga 2023.

Meski sudah banyak produsen dan pendukung Jamu, mereka percaya bahwa dengan bekerja sama akan memiliki dampak yang lebih besar daripada bekerja sendiri-sendiri.

Mereka mencari kolaborator-kolaborator untuk menjadikan tradisi Jamu Indonesia dikenal di luar negeri sebagai sebuah pendekatan hidup sehat yang diakui di dunia kesehatan internasional. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: