Khasiat Ubi Ungu Sehatkan Usus. Juga Anti Radang
Tanggal Posting : Selasa, 15 Juni 2021 | 07:23
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 265 Kali
Khasiat Ubi Ungu Sehatkan Usus. Juga Anti Radang
Warna ungu yang ada pada Ubi Ungu disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ubi Ungu merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mudah ditemui di sekitar kita. Selain memiliki cita rasa manis, ubi ini memiliki segudang khasiat untuk penyakit dalam. 

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L. Ubi Ungu juga populer dengan nama purple yam, purple sweet potato, hingga okinawa sweet potato, merujuk pada tempat asal dan bentuknya yang serupa kentang. 

Dibanding jenis ubi jalar biasa, terdapat banyak perbedaan yang mencolok. Selain tentu saja warnanya yang ungu, aroma Ubi Ungu juga cenderung lebih khas. Rasa Ubi Ungu sangat variatif, mulai dari sangat manis, agak manis, agak pahit hingga pahit. 

Warna ungu yang muncul pada ubi ini disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya yang berkhasiat bagi kesehatan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini, khasiat Ubi Ungu untuk beberapa penyakit - seperti yang dilansir dari infografis instagram @kementerianpertanian:

  • Membantu turunkan tekanan darah karena terdapat kandungan antioksidan didalamnya.
  • Suatu penelitian mengungkapkan bahwa ubi dapat menyehatkan usus, karena terdapat pati resisten dari Ubi Ungu yang mampu meningkatkan Bifidobacteria (bakteri baik pada usus).
  • Ubi Ungu memiliki beberapa kandungan seperti serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B sehingga membantu mengendalikan peradangan jantung dan pembulu darah.
  • Ubi Ungu mampu mencegah berbagai jenis kanker pada manusia, dikarenakan memiliki antosianin efek antioksidan, anticarcinogenik dan antiinflamasi. 

Itulah tadi beberapa khasiat Ubi Ungu untuk kesehatan kita. Yuk biasakan makan Ubi Ungu mulai dari sekarang, dan semoga informasi ini bermanfaat. (Sumber: Infografis Instagram @kementerianpertanian). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: