Khasiat Tanaman Jombang Obati Diabetes
Tanggal Posting : Minggu, 11 April 2021 | 07:18
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 252 Kali
Khasiat Tanaman Jombang Obati Diabetes
Tanaman Jombang memiliki kandungan kimia taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inulin, pektin, koumestrol dan asparagin.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Negeri ini sangat kaya dengan berbagai macam tumbuhan berkhasiat dan karenanya dapat dijadikan sebagai obat. Salah satunya Tanaman Jombang yang berkhasiat untuk mengobati diabetes.

Tanaman Jombang (Taraxaci Officinalis Radix) merupakan tanaman berhabitus herba menahun, tidak memiliki batang, tinggi mencapai 30-50 cm. Akar terletak dibawah tanah, berbentuk panjang, lurus, meruncing, dan berwarna cokelat, serta dapat menembus ke permukaan, tunggal ataupun sebagai cabang dari rimpangnya.

Dari rimpang, tumbuh daun berbentuk roset berwarna hijau, dari tengah roset akan tumbuh bunga berwarna jingga kuning berbentuk ligulat. Buahnya berbentuk fusi, berwarna hijau hingga kecoklatan, berakhir pada tangkai kecil yang dikelilingi oleh papus lembut dan ditunjang oleh kepala buah berbentuk globular.

Daun tersusun spiral dalam roset yang radikal, ukuran 4-35 cm x 0,7-10 cm, melanset sungsang sampai agak menyudip, sangat bervariasi dan berlekuk menyirip sampai menyirip sebagian tidakteratur, berambut jarang atau hampir gundul, tangkai daun nyata atau agak meruncing bersayap dan berwarna hijau atau merah jambu keunguan.

Tanaman Jombang berasal dari Asia Selatan dan Eropa, tetapi saat ini banyak tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Malaysia dan Filipina. Pada daerah tropis tumbuh pada ketinggian 1200-1500 mdpl. Tumbuh di sepanjang jalan, padang rumput, pada daerah kering sampai basah dan daerah payau. Tumbuh baik pada daerah berpasir atau tanah liat.

Kandungan Tumbuhan Jombang ini mengandung taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inulin, pektin, koumestrol dan asparagin. Pada bagian akar Jombang mengandung zat taraxol, taraxerol, taraxicin, taraxsterol, β-amyrin, stigmasterol, β-sitosterol, choline, levulin, pektin, inulin, kalium, glukosa dan fruktosa.

Komposisisi zat yang terdapat pada daun Jombang terdiri dari lutein, violaxanthin, plastoquinone, tanin, karotenoid, kalium, natrium, kalsium, choline, tembaga, zat besi, magnesium, fosfor, silikon, sulfur, dan vitamin (A, B1, I B2, C dan D). Bunganya mengandung β -sitosterol, 5 рвк-stigmast-7en-3-β-ol, asam folat dan vitamin C. B.

Menurut efek farmakologi telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efek antihiperglikemia dari sediaan ekstrak kering etanol beberapa tanaman obat dosis 20 mg/kg BB yang mengandung 9,7% Jombang pada mencit yang dibuat diabetes.

Dan dibuktikan terjadi penurunan kadar MDA hepatik pada tikus yang diinduksi diabetes dengan streptozotosin diikuti pula dengan penurunan kadar glukosa serum setelah pemberian ekstrak air daun Jombang.

Penyiapan dan Dosis: Untuk membuat teh, digunakan 1-2 sendok teh simplisia yang diseduh 150 ml air mendidih, dibiarkan selama 15 menit dan diminum hangat-hangat, secangkir tiap pagi dan sore hari. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Enam Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2011, Halaman: 78-80). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: