Khasiat Daun Kepel Obati Asam Urat
Tanggal Posting : Rabu, 7 April 2021 | 09:01
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 213 Kali
Khasiat Daun Kepel Obati Asam Urat
Menurut penelitian aktivitas flavonoid dari Daun Kepel dapat menurunkan kadar asam urat melalui mekanisme penghambatan enzim xantin oksidase.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Stelechocarpus Burahol atau dikenal dengan sebutan Kepel, kecindul atau cindul, rupanya mengandung khasiat bagi tubuh. Ekstrak Daun Kepel ini dipercaya dapat mengatasi asam urat secara alami.

Kepel dibeberapa daerah dikenal dengan burahol, turalak (Sunda); kepel, kecindul, cindul, simpol (Jawa). Kepel merupakan tumbuhan berhabitus pohon dengan tinggi mencapai 25 m. Batang lurus berwarna coklat tua, diameter mencapai 40 cm, memiliki benjolan-benjolan bekas keluar bunga dan buah.

Bunga berkelamin tunggal, berwarna hijau keputihan berbau harum. Bunga jantan terdapat pada batang atas dan cabang yang lebih tua, mengelompok 8-16 bunga. Bunga betina hanya terdapat pada batang bagian bawah.

Buah berbentuk bulat, berwarna kecoklatan, diameter 5-6 cm, berbiji empat atau lebih dan berbentuk elips. Tanaman Kepel tumbuh tersebar di Asia Tenggara, dari kawasan Malaysia sampai kepulauan Salomon. Bahkan akhir-akhir ini sudah ditanam di Filipina dan Australia.

Di Jawa, tanaman ini sudah jarang ditemukan. Habitatnya berupa hutan-hutan sekunder dataran rendah pada tanah liat yang basah, tumbuh hingga ketinggian 600 mdpl. Pohon ini juga tumbuh baik diantara rumpun-rumpun bambu, padahal kebanyakan jenis pohon lainnya tidak akan mampu bersaing dengan bambu.

Tanaman ini tumbuh pada daerah tropis dan subtropis. Kepel memiliki kandungan kimia saponin, fIavonoid, alkaloid (terutama di bijinya), dan polifenol (terutama di daunnya). Selain itu dalam daunnya juga terdapat asetogenin, stiril lakton, dan isoflavon.

Menurut efek farmakologi fraksi tidak larut petroleum eter dari ekstrak metanol Daun Kepel mampu menurunkan kadar asam urat darah pada ayam jantan Braille. Penelitian lain menyebutkan bahwa aktivitas flavonoid sebagai penurun kadar asam urat diketahui melalui mekanisme penghambatan enzim xantin oksidase.

Penyiapan dan Dosis: Rebusan 7 lembar Daun Kepel dan 3 gelas air, kemudian direbus sampai tersisa satu setengah gelas. Air rebusan daun kepel ini diminum dua kali sehari, masing-masing sebanyak tiga perempat gelas. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Enam Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2011, Halaman: 53-54). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: