Khasiat Kulit Manggis Membantu Obati Kanker Prostat
Tanggal Posting : Selasa, 20 Juli 2021 | 06:37
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 226 Kali
Khasiat Kulit Manggis Membantu Obati Kanker Prostat
Secara efek farmakologi ekstrak kulit manggis mempunyai efek antimetastatik terhadap sel kanker prostat.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Khasiat Kulit Manggis sudah cukup populer dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal, salah satunya membantu mengobati kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil.

Manggis (Garcinia mangostana) dibeberapa daerah dikenal dengan epiko, manggoita, gusteu, mangi, manggi, manggisto, manggis, magi, lakopa, malakopa, manggista, manggusta, manggustan, manggos, manggih, manggus.

Manggis merupakan tumbuhan tegak, tinggi 6-25 m. Batang lurus dengan kulit batang berwarna coklat kehitaman, terkelupas, kulit bagian dalam berwarna kekuningan, bergetah dan mengandung lateks pahit.

Daun berwarna hijau tua, berselang-seling berlawanan arah, berbentuk memanjang atau jorong, berdaging tebal dan permukaan atas mengkilap, permukaan bawah berwarna hijau kekuningan dan kusam, tepi rata, ujung meruncing tajam, panjang 9-25 cm, lebar 4,5-10 cm.

Daun muda berwarna kemerahan. Bunga soliter atau berpasangan pada bagian ujung percabangan, lebar 4-5 cm, daun mahkota tebal dan berdaging, berwarna hijau kekuningan; bunga jantan atau hermafrodit bisa dijumpai dalam satu pohon.

Buah berbentuk bulat dengan diameter 4-7 cm, kelopak berwarna hijau muda; buah yang sudah masak berwarna merah tua keunguan, tebal kulit buah 0,9 cm dengan tekstur permukaan kulit buah cenderung halus; daging buah berwarna putih berjumlah 4-8, berair dan bertekstur lembut, beberapa daging buah tidak berbiji; biji berwarna kecokelatan; satu buah mengandung 5-7 biji.

Kandungan utama Kulit Manggis yang mempunyai aktivitas farmakologi adalah senyawa turunan xanton. Sedangkan kandungan lain dari Kulit Manggis adalah asam fenolat yang terdiri atas turunan asam hidroksibenzoat: m-hidroksibenzoat, p-hidroksibenzoat, protokatekuat, vanilat, dan veratrat; turunan asam hidroksisinamat: kafeat, p-kumarat, ferulat; p-hidroksifenilasetat; 3,4-dihidroksimandelat.

Efek Farmakologi a-Mangostin, derivat xanton dari manggis, mempunyai efek antimetastatik terhadap sel kanker prostat (PC-3). Efek penghambatan ditunjukkan oleh kemampuan adhesi, migrasi dan invasi yang diukur menggunakan metode cell-matrix adhesion, wound healing, dan Boyden chamber. Hasil ini membuktikan bahwa a-mangostin memungkinkan digunakan sebagai senyawa antimetastatik.

Penyiapan dan Dosis: Ekstrak Kulit Manggis 0,2-0,65 g, tingtur (1 dalam 10) dosis 1 sendok makan, sirup (1 dalam 10) dosis 1 sendok makan, dekok (1 dalam 10) dosis empat kali sehari. Serbuk 0,65-3,66 g dicampur dengan jus. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Ketujuh Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2012, Halaman: 78-80). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: