Khasiat Daun Sukun Obati Hipertensi
Tanggal Posting : Kamis, 15 Juli 2021 | 11:37
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 606 Kali
Khasiat Daun Sukun Obati Hipertensi
Berikut ini cara meramu Daun Sukun untuk mengobati hipertensi.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Buah Sukun biasanya diolah menjadi gorengan dengan cita rasa gurih nan nikmat. Namun selain buahnya yang bisa dikonsumsi, Daun Sukun juga ternyata dapat Anda olah agar berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya mengobati hipertensi.

Daun Sukun (Artocarpus altilis) dibeberapa daerah dikenal dengan Sakon (Aceh), Hatopul (Batak toba), Suku (Nias); Jawa: Sukun (Jawa, Sunda), Sokon’ (Madura): Bali: Sukun (Bali); Nusa Tenggara: Pulur (Sasak); Karara (Bima, Sumba), kalara (Sawu), Karara (Ende, Flores), Kundu (Alor); Sulawesi: Amu, ama (Gorontalo).

Tanaman Sukun terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan biji dengan tinggi pohon mencapai 10 meter. Tanaman Sukun berjenis akar adventif, karena sebagian besar menyebar di atas permukaan tanah. Daun tanaman Sukun kaku, tebal, besar dan memiliki ukuran sekitar 20-40 cm, permukaan bagian atas daun berwarna hijau mengkilap, sedangkan permukaan bagian bawah daun berwarna hijau muda dan kasar. 

Daun tanaman Sukun diselimuti dengan bulu-bulu halus. Daun memiliki tangkai daun yang kokoh berukuran panjang 3 cm- 5 cm, tulang daun menonjol. Tepi daun berlekuk membentuk 7-9 cangap yang berujung runcing.  Pada umumnya daun melekat pada bagian ujung cabang atau ranting. Tanaman Sukun (Artocarpus altilis) dapat digolongkan menjadi Sukun yang berbiji (breadnut) dan yang tanpa biji (breadfruit).

Daun Sukun mengandung senyawa kimia yang berkhasiat, seperti flavonoid, fitosterol, polifenol, riboflavin. Senyawa turunan flavonoidnya adalah artoindonesianin dan quersetin. ekstrak Daun Sukun mengandung golongan senyawa flavonoid dengan kadar flavonoid sebesar 2,925 mg/kg ekstrak.

Menurut tinjaun ilmiah, ekstrak air Daun Sukun dengan dosis 20,88-146,18 mg/kg BB dapat menurunkan tekanan darah sistolik, diastolik dan tekanan arteri rata-rata sampai berturut-turut sebesar 58,3; 64,3 dan 62,3%. Ekstrak air menyebabkan penurunan konstraksi dari cincin aorta yang diinduksi oleh fenilephrin sampai 75% dan merelaksasi cincin aorta sampai 59,9%. 

Ekstrak ini juga mengurangi konstraksi aorta tikus yang diinduksi dengan kalsium sampai 65,4%. Ekstrak air Daun Sukun menghambat aktivitas CYP3A4 dan CYP2D6 yang berperan dalam metabolisme beberapa obat antihipertensi sehingga apabila diberikan bersamaan dengan obat-obat tersebut dapat memberikan efek antihipertensi yang lebih besar.

Penyiapan dan Dosis: Daun Sukun 3 lembar. Daun Sukun dirajang lalu dijemur sampai kering lalu disimpan dalam toples dan direbus dengan air 5 gelas sampai menjadi 2 gelas. (Sumber: Buku "Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia VOL III Badan POM" tahun 2013, Hal. 33). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: