Khasiat Daun Sukun Meringankan Sakit Kuning
Tanggal Posting : Sabtu, 20 November 2021 | 11:46
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 206 Kali
Khasiat Daun Sukun Meringankan Sakit Kuning
Simak yuks artikel dibawah ini agar mengetahui cara meramu Daun Sukun untuk meringankan sakit kuning.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Buah Sukun biasanya diolah menjadi gorengan dengan cita rasa gurih nan nikmat. Namun selain buahnya yang dapat dikonsumsi, Daun Sukun juga ternyata dapat Anda olah agar berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya meringankan sakit kuning.

Daun Sukun (Artocarpus altilis) dibeberapa daerah dikenal dengan Sakon (Aceh), Hatopul (Batak toba), Suku (Nias); Jawa: Sukun (Jawa, Sunda), Sokon’ (Madura): Bali: Sukun (Bali); Nusa Tenggara: Pulur (Sasak); Karara (Bima, Sumba), kalara (Sawu), Karara (Ende, Flores), Kundu (Alor); Sulawesi: Amu, ama (Gorontalo).

Tanaman Sukun terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan biji dengan tinggi pohon mencapai 10 meter. Tanaman Sukun berjenis akar adventif, karena sebagian besar menyebar di atas permukaan tanah. Daun tanaman Sukun kaku, tebal, besar dan memiliki ukuran sekitar 20-40 cm, permukaan bagian atas daun berwarna hijau mengkilap, sedangkan permukaan bagian bawah daun berwarna hijau muda dan kasar.

Daun tanaman Sukun diselimuti dengan bulu-bulu halus. Daun memiliki tangkai daun yang kokoh berukuran panjang 3 cm- 5 cm, tulang daun menonjol. Tepi daun berlekuk membentuk 7-9 cangap yang berujung runcing.  Pada umumnya daun melekat pada bagian ujung cabang atau ranting. Tanaman Sukun (Artocarpus altilis) dapat digolongkan menjadi Sukun yang berbiji (breadnut) dan yang tanpa biji (breadfruit).

Daun Sukun mengandung senyawa kimia yang berkhasiat, seperti flavonoid, fitosterol, polifenol, riboflavin. Senyawa turunan flavonoidnya adalah artoindonesianin dan quersetin. ekstrak Daun Sukun mengandung golongan senyawa flavonoid dengan kadar flavonoid sebesar 2,925 mg/kg ekstrak.

Secara tinjauan ilmiah beberapa flavonoid dalam Artocarpus altilis berefek sebagai antiinflamasi dengan beberapa cara, antara lain: menghambat pelepasan a-glucuronidase dan histamin dari peritoneal mast cells tikus yang distimulasi dengan P-metoksi-N-metilfenantilamin, menghambat pelepasan lysozyme dari neutrophil tikus yang distimulasi dengan formyl-Met-Leu-Phe (fMLP) dan menghambat produksi NO and protein iNOS pada sel RAW 264.7.2

Penyiapan dan Dosis: Daun Sukun yang sudah tua (menguning) 1 lembar dan Air 2 gelas. Daun Sukun yang sudah tua (menguning) dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Air rebusan diminum sebanyak 1 gelas, dilakukan 3 kali sehari. (Sumber: Buku "Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia VOL I Badan POM" tahun 2011, Hal. 18-19). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: