Khasiat Daun Pepaya untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Tanggal Posting : Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 219 Kali
Khasiat Daun Pepaya untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Dibalik rasa pahitnya Daun Pepaya ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Pepaya memiliki kandungan gizi yang sangat beragam. Salah satunya adalah adanya zat papain yang sangat tinggi sehingga membuatnya memiliki rasa pahit namun zat ini berfungsi sebagai meningkatkan nafsu makan.

Pepaya (Carica papaya L.) dibeberapa daerah dikenal dengan Sumatera: kabaelo, ralempaya, betik, Jawa: gedhang (Sunda), katela gantung, kates (Jawa), Kalimantan: bua medung, buah dong, Nusa Tenggara: kampaja, kalujawa, Sulawesi: kapalay, kaliki, sumoyori, Maluku: tele, palaki, papaino, Irian: sampain, asawa, siberiani.

Pepaya (Carica papaya L.), salah satu buah introduksi yang telah lama dikenal berkembang luas di Indonesia, merupakan tanaman monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua). Pepaya adalah jenis tanaman herba, batangnya berongga biasanya tidak bercabang dan tingginya dapat mencapai 10 meter.

Daunnya merupakan daun tunggal dan berukuran besar, tangkai daun berukuran panjang dan berongga. Bunganya terdiri dari tiga jenis yaitu: bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna. Bentuk buah beragam dari yang bentuknya bulat sampai lonjong.

Buah pepaya memiliki banyak varietas, pengelompokan tanaman papaya kedalam beberapa varietas didasarkan pada bentuk, ukuran, warna dan tekstur buahnya. Dalam setiap 100 miligram Daun Pepaya, terkandung Tocophenol sebanyak 35 miligram.

Daun Pepaya tua memiliki kandungan senyawa fenolik, sedangkan pada daun pepaya yang masih muda, ada kandungan enzim papain yang berfungsi untuk memecah protein karena bersifat proteolitik. Namun secara umum Daun Pepaya mengandung papain 10 persen, khimoprotein 45 persen, dan lisozim 20 persen.

Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan polipeptida. Sedangkan enzim lisozim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Sementara itu, rasa pahit Daun Pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.

Dosis dan Cara Pembuatan: 1x3 lembar daun (seukuran telapak tangan)/hari. Dewasa dan anak > 11 tahun: 1 x 1 cangkir per hari. Anak usia 1-2 tahun 1 x sehari 1sdm (dari dosis dewasa)/hari. Anak usia 3-5 tahun 1 x sehari 2 sdm (dari dosis dewasa)/hari.

Anak usia 6-8 tahun 1 x sehari ¼ cangkir (dari dosis dewasa)/hari. Anak usia 9-11 tahun 1 x sehari ½ cangkir (dari dosis dewasa)/hari (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2017, Halaman 69-70). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: