Khasiat Daun Pare Meredakan Diare
Tanggal Posting : Senin, 18 Oktober 2021 | 11:01
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 195 Kali
Khasiat Daun Pare Meredakan Diare
Mau tahu cara memanfaatkan Daun Pare untuk meredakan diare? simak yuks artikel dibawah ini.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tanaman merambat bernama latin Momordica charantia L atau kita kenal dengan Pare memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kendati pahit rasanya, namun manfaat Daun Pare maupun Buah Pare, manis untuk tubuh, salah satunya untuk meredakan diare.

Dibeberapa daerah Pare dikenal dengan prieu, peria, pepare, pario (Sumatera), paria, pare (Jawa), pepareh, pareya (Madura), paya, paria kuwok pania (Nusa Tenggara), bolong gede, paria (Sulawesi), pariana, pariene, papare (Maluku).

Pare merupakan tanaman berupa semak menjalar, dengan buah tipe peppo, memanjang, berjerawat tidak beraturan, oranye, pecah sama sekali dengan 3 katup, 5-7 cm (liar) hingga 30 cm (ditanam). Daun pare berbentuk membulat.

Bergerigi dengan pangkal bentuk jantung, garis tengah 4-7 cm, tepi berbagi 5-9 lobus, berbintik-bintik tembus cahaya, taju bergigi kasar hingga berlekuk menyirip, memiliki sulur daun dan berwarna agak kekuningan dan berasa pahit. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh pada ketiak daun.

Pare merupakan buah tropis, berasal dari Afrika dan ditemukan di Senegal hingga Kamerun dan juga didaerah tropis lainnya, sampai ke Amerika melalui perdagangan budak, dibudidayakan di Asia. Pare memiliki kandungan kimia alkaloid momordisin, karoten, glikosida triterpenoid yaitu momordikosida A, polipeptida charantin, saponin, sterol/ terpen.

Pada penelitian secara in vitro, ekstrak Daun Pare menunjukkan aktivitas antimikroba spektrum luas. Ekstrak daun ini mempunyai aktivitas antimikroba pada E. coli, Staphylococcus, Pseudomonas, Salmonella, Streptobacillus dan Streptococcus.

Penyiapan dan Dosis: Sehari 1-2 cangkir dekokta Daun Pare atau herba Pare, atau sehari 2 kali 1 -3 ml 4:1 tingtur, atau jika diinginkan serbuk daun dalam tablet/kapsul sehari 1-2 gram. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Tiga Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2007, Halaman: 17-18). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: