Sorgum Tanaman Sehat Kaya Manfaat
Tanggal Posting : Sabtu, 9 Januari 2021 | 07:43
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1029 Kali
Sorgum Tanaman Sehat Kaya Manfaat
Sorgum merupakan tanaman dari keluarga rumput-rumputan yang memiliki kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, air, serat, dan kalsium.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Manfaat sorgum untuk kesehatan masih belum diketahui banyak orang. Padahal, sorgum adalah salah satu biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan, masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum. Tanaman ini berasal dari Afrika, namun telah beradaptasi sehingga bisa tumbuh diberbagai kondisi iklim.

Sorgum memiliki kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, air, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi.  Dilansir dari Instagram Kementerian Pertanian RI Jakarta, Jum’at, 8 Januari 2021, berikut ini manfaat sorgum untuk kesehatan:

Berita Terkait: Ragam Manfaat Tanaman Kemuning
Berita Terkait: Herbal dan Kemandirian Obat Nasional


1. Kesehatan Pencernaan
Sepertinya kebanyakan makanan sehat, sorgum juga mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi tunggal sorgum mengandung 48% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi serat.

Hal ini berarti saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencerna dengan cepat, sehingga dapat mencegah hal-hal seperti kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

2. Kesehatan Jantung
Jumlah serat yang diperoleh dari mengkonsumsi sorgum akan membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Mengontrol Diabetes
Sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga akan mencegah shock diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

4. Kesehatan Tulang
Magnesium tinggi yang terdapat dalam sorgum akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau mengalami penuaan. Sehingga, sorgum juga dapat bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

5. Kesehatan Tiroid
Mangan adalah komponen dari tiroksin yang merupakan hormon penting dalam kelenjar tiroid. Sorgum kaya akan mangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh. (Sumber: Infografis Instagram Kementerian Pertanian RI.). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: