Khasiat Daun Mimba Obati Kanker
Tanggal Posting : Rabu, 21 April 2021 | 09:33
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 2203 Kali
Khasiat Daun Mimba Obati Kanker
Pemberian ekstrak Daun Mimba secara efektif mampu menekan sifat karsinogen (sel-sel kanker) didalam tubuh.

JamuDigital.Com-Media Jamu, Nomor Satu. Daun Intaran atau Daun Mimba yang dalam bahasa Latin dinamakan Azadirachtae Indicae Folium adalah tanaman yang memiliki berjuta khasiat. Daun Mimba dapat digunakan untuk mengobati kanker. Pemberian ekstrak dari Daun Mimba secara efektif mampu menekan sifat karsinogen (sel-sel kanker) di dalam tubuh.

Dibeberapa daerah Daun Mimba dikenal dengan mimba (Jawa), membha, mempheuh (Madura), intaran (Bali). Daun Mimba merupakan tumbuhan berhabitus pohon menahun, berkayu. Batang tegak, bentuk bulat, percabangan simpodial, kulit batang pecah-pecah berkerak, diameter sampai 30 cm. Tinggi pohon hingga 20 m.

Batangnya agak bengkok dan pendek, oleh karena itu kayunya tidak terdapat dalam ukuran besar. Kulit batang berwarna kelabu, terasnya berwarna merah dan keras. Daun majemuk, menyirip genap, beranak daun 12-16, anak daun asimetris, ukuran daun 7-9 x 2-3 cm, ujungnya runcing, pangkal daun tumpul asimetris, tepi bergerigi, susunan tulang anak daun menyirip, permukaan atas halus, warna hijau tua.

Daging anak daun seperti kertas, rasanya pahit. Perbungaan berupa bunga majemuk malai di ketiak daun yang berada di ujung cabang atau ranting, panjang tangkai bunga 5-30 cm, tidak berambut atau jika berambut hanya tipis di sekitar tangkai bunga. Kelopak bunga seperti benang, warna kekuningan, panjang 1 mm. Mahkota bunga seperti benang, warna putih kekuningan, panjang 5-7 mm.

Pendukung benang sari di sebelah luar tidak berambut atau jika berambut sangat halus, di bagian dalam berbulu halus. Putik dan ruang ovarium panjang 3 mm, tidak berambut. Buah hijau kekuningan, tidak berambut, ukuran 1-2 cm. Berbunga mulai bulan Maret hingga Desember.

Di Indonesia Daun Mimba hidup pada tanah agak tandus di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura. Hidup pada rentang suhu dan curah hujan sangat lebar. Tahan hidup pada daerah iklim musim dengan musim kering yang lama dan curah hujan tahunan 450-2250 mm.

Daun Mimba memiliki kandungan kimia diantaranya: P-sitosterol, hiperosida, nimbolida, kuersetin, kuersitrin, rutin, azadirahtin, nimbin, dan desasetilbimbin. Menurut efek farmakologi, pemberian ekstrak etanol dari Mimba dapat mempercepat kematian sel kanker prostate (PC-3) in vitro dengan menaikkan fragmentasi DNA dan menurunkan jumlah sel kanker.

Penyiapan dan Dosis: 7 lembar daun mimba, 150 g akar tapak liman segar dan 4 ruas jari rimpang temu lawak segar, direbus dengan 2 gelas air, hingga air rebusan tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Diminum setiap 1 jam sebelum makan, 3 kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Kelima Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2010, Halaman: 68-70). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: