Khasiat Bayam Merah Obati Anemia
Tanggal Posting : Senin, 12 Juli 2021 | 09:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 500 Kali
Khasiat Bayam Merah Obati Anemia
Bayam Merah memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi sel darah merah.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Bagi Anda yang sering mengonsumsi bayam hijau, tidak ada salahnya mencoba sedikit variasi dengan menjajal Bayam Merah. Selain warnanya yang menarik, khasiat Bayam Merah untuk kesehatan juga tak kalah dengan bayam hijau, salah satunya mengobati anemia.

Bayam Merah datang dari keluarga Amaranthacea dengan genus Amaranthus hybridus L. dan dikenal juga sebagai bayam China. Dibeberapa daerah Bayam Merah dikenal dengan bayam merah (Melayu), jukut jatinangor (Sunda), kacicak abang (Jawa).

Bayam Merah teruji secara klinis kaya akan serat dan zat besi. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan yang semua kandungannya ini berguna bagi kesehatan manusia. Banyak nutrisi yang terkandung dalam Bayam Merah, terutama vitamin C (60,33%), mangan (49,43%), zat besi (37,25%), kalsium (27,60%), dan vitamin A (26,14%).

Sebuah penelitian bahkan mengungkap kandungan protein, kalsium, dan zat besi yang dikandung pada Bayam Merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua Bayam Merah, kadar zat besinya juga semakin meningkat.

Bayam Merah memiliki kandungan zat besi tinggi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Selain itu, Bayam Merah juga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Cara Pembuatan/Penggunaan:

1x1 genggam daun/hari. bahan dihaluskan, ditambahkan air ½ gelas, diperas, saring, diminum sekaligus. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2017, Halaman 63). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: