Kenali Perbedaan Antiseptik dan Disinfektan
Tanggal Posting : Rabu, 5 Januari 2022 | 03:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 203 Kali
Kenali Perbedaan Antiseptik dan Disinfektan
Hati-Hati dalam Pemakaian. Meski antiseptik dan disinfektan aman digunakan, cara pemakaiannya tetap harus hati-hati dan mengikuti petunjuk dan aturan agar tidak membahayakan kesehatan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Sejak pandemi COVID-19 terjadi, masyarakat berbondong-bondong memborong antiseptik dan disinfektan yang diyakini mampu mencegah virus Corona. Namun, sampai saat ini masih banyak yang belum bisa membedakan antiseptik dengan disinfektan dan kerap menganggap keduanya sama.

Memang, antiseptik dan disinfektan sama-sama bahan kimia yang digunakan sebagai zat pembersih dan pembunuh kuman baik dalam dunia kesehatan maupun penggunaan sehari-hari. Dari hal tersebut, banyak orang berpikir antiseptik dan disinfektan adalah cairan yang sama.

Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan mendasar, baik dari bahan pembuatnya hingga penggunaannya. Yuk, kenali perbedaan dan penggunaannya! Antiseptik adalah zat pembunuh kuman yang aman digunakan pada jaringan hidup seperti pada permukaan kulit atau membran mukosa.

Tidak jarang, antiseptik juga digunakan untuk membunuh mikroorganisme di dalam tubuh. Sedangkan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada benda tak hidup.

Pada umumnya, disinfektan digunakan untuk mensterilkan Kenali Perbedaan Antiseptik & Disinfektan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri. Keduanya, baik antiseptik maupun disinfektan mengandung bahan kimia yang disebut biosida.

Hidrogen peroksida adalah contoh bahan umum dalam antiseptik dan disinfektan. Namun, antiseptik biasanya mengandung konsentrasi biosida yang lebih rendah daripada disinfektan. Selain itu ada juga zat kimia pembunuh kuman yang berfungsi ganda sebagai antiseptik dan disinfektan.

Antiseptik biasanya dijual dalam bentuk cairan, gel, foam dan tisu dan digunakan untuk membunuh kuman pada kulit yang luka atau lecet serta bekas gigitan serangga. Sebelum digunakan produk harus diencerkan dengan air sesuai takaran yang dianjurkan. Kemudian celupkan kapas pada cairan antiseptik dan usapkan pada luka.

Antiseptik yang digunakan untuk membunuh kuman pada tangan disebut hand sanitizer. Hand sanitizer bisa langsung digunakan tanpa harus diencerkan dengan diaplikasikan seperti mencuci tangan dengan sabun hanya tanpa perlu dibilas dengan air, melainkan dibiarkan sampai mengering.

Disinfektan biasanya dijual dalam bentuk cairan dan tisu. Digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri pada permukaan benda seperti meja dengan cara diusapkan ke permukaan bendabenda tersebut dan dilap sampai kering. Disinfektan juga bisa digunakan untuk membunuh kuman pada lantai atau bahkan udara dalam ruangan.

Di sisi lain, ada produk yang berfungsi baik sebagai antiseptik maupun disinfektan yang biasanya berbentuk cairan dan harus diencerkan sebelum digunakan. Produk ini digunakan antara lain untuk membunuh kuman pada kulit yang luka/lecet dan bekas gigitan serangga, campuran air mandi sampai cairan untuk membunuh kuman pada kain seperti pakaian dengan mencampurnya pada air rendaman cucian atau ke dalam mesin cuci.

Hati-Hati dalam Pemakaian. Meski antiseptik dan disinfektan aman digunakan, cara pemakaiannya tetap harus hati-hati dan mengikuti petunjuk dan aturan agar tidak membahayakan untuk tubuh dan kesehatan kita.

Perhatikan hal-hal berikut ini: 1. Hanya untuk pemakaian luar, 2. Jangan terkena mata, jika terjadi kontak, bilas mata secara menyeluruh dengan air, 3. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi dan kemerahan, 4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, 5. Jika tertelan, dapatkan bantuan medis, 6. Jangan terkena sinar matahari dalam waktu lama, 7. Jangan mennyemprotkan ke makanan atau minuman. (Sumber Artikel: Buletin INFARKES, Edisi I, 2021, Hal. 32). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: