Daun Landik Mengobati Reumatik
Tanggal Posting : Minggu, 29 November 2020 | 07:54
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 277 Kali
Daun Landik Mengobati Reumatik
Daun landik digunakan untuk mengobati bengkak, bisul, luka berdarah, dan reumatik.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Daun landik memiliki nama latin Barleria lupulina Lindl. Daun landik tumbuh liar di hutan dan di ladang, atau ditanam di halaman sebagai tanaman hias, tanaman pagar, dan tanaman obat.

Tinggi pohonnya 1-2 m, berduri, batangnya berkayu, dan berwarna cokelat tua. Warna daun hijau mengkilap. Bunga berwarna kuning emas. Buahnya buah kotak, bulat, dan hijau. Biji bulat pipih warnanya cokelat kehitaman. Perbanyakan dengan setek batang.

Sifat dan Khasiat
Daun landik rasanya pedas, pahit, dan sifatnya hangat. Daun landik digunakan untuk mengatasi gigitan anjing dan ular berbisa, bengkak akibat terpukul atau terjatuh, bisul, luka berdarah, koreng, dan reumatik.

Berita Terkait: Beraneka Macam Khasiat Gandarusa

Berita Terkait: OMAI DISOLF: Obat Herbal Memperbaiki Sirkulasi Darah


Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus daun segar 6-10 gram (1/2 genggam). Untuk pemakaian luar, giling halus daun segar, lalu tempelkan ke tempat yang sakit.

Contoh Pemakaian

Reumatik: Cuci segenggam daun, lalu giling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil remas sampai menjadi adonan seperti bubur. Gunakan untuk membalur dan menggosok bagian tubuh yang sakit.

Catatan: Bagi perempuan yang sedang hamil dilarang minum ramuan tumbuhan obat ini. (Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 27-28). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: