Beraneka Macam Khasiat Gandarusa
Tanggal Posting : Kamis, 26 November 2020 | 06:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 4278 Kali
Beraneka Macam Khasiat Gandarusa
Gandarusa berkhasiat untuk mengobati bengkak (memar), keseleo, tulang patah (fraktur), reumatik sendi, nyeri pinggang, haid tidak teratur, dan demam.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Gandarusa memiliki nama latin Justicia gendarussa. Gandarusa tumbuh liar di hutan, tanggul sungai atau ditanam sebagai tumbuhan obat atau tanaman pagar.

Gandarusa lebih populer yang berbatang cokelat kehitaman, walaupun ada juga yang berbatang hijau. Daunnya dapat digunakan untuk membunuh serangga. Perbanyakan dengan setek batang.

Sifat dan Khasiat
Daun rasanya pedas, sedikit asam, sifatnya netral, sedangkan kulit kayunya berkhasiat sebagai perangsang muntah.

Daun berkhasiat untuk mengatasi bengkak akibat terpukul atau terbentur (memar), keseleo, tulang patah (fraktur), reumatik sendi, nyeri pinggang, haid tidak teratur, tidak datang haid (amenore), demam yang hilang timbul, mual sewaktu batuk, dan sesak.

Akar berkhasiat untuk mengatasi reumatik, keram otot, demam, kencing terasa nyeri (disuria), sakit kuning (jaundice), diare, dan anak kecil yang kurus sekali (marasmus).

Berita Terkait: Mengulas Khasiat Kumis Kucing

Berita Terkait: Vitafem Free Me Obat Herbal Modern untuk PMS


Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus daun segar 30-60 gram (1 genggam) atau tumbuk dan peras, lalu gunakan air yang terkumpul. Jika memakai yang telah dikeringkan, rebus daun kering 15-30 gram (1/2  genggam) atau akar kering 3-1 gram (1/4 genggam).

Untuk pemakaian luar, giling herba segar, lalu tempelkan ke tempat yang sakit, seperti tulang patah, bengkak terkilir, pembengkakan kelenjar dan bisul.

Gunakan air perasan daun segar sebagai obat tetes pada telinga yang sakit. Bisa juga gunakan air rebusan herba untuk mencuci koreng dan borok.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 14-15). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: