Business Matching Pengembangan Pasar Moringa Indonesia
Tanggal Posting : Kamis, 3 Februari 2022 | 09:58
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 305 Kali
Business Matching Pengembangan Pasar Moringa Indonesia
WORKSHOP DAN BUSINESS MATCHING PENGEMBANGAN PASAR MORINGA INDONESIA pada tanggal 3-4 Februari 2022 di Bali.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Seiring dengan semakin luasnya informasi dampak dari kelor untuk kesehatan sebagai terapi pengobatan penyakit degenerative, termasuk dalam meningkatkan imunitas terhadap COVID-19 serta peningkatan kebutuhan luar negeri untuk ekspor.

Maka Kementerian Pertanian c.q Direktorat Jenderal Perkebunan bekerjasama dengan Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI) mengadakan WORKSHOP DAN BUSINESS MATCHING PENGEMBANGAN PASAR MORINGA INDONESIA pada tanggal 3-5 Februari 2022 di Bali, demikian siaran pers dari ABMI.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan kelor Indonesia secara nasional dan global terkait potensi produksi, kualitas dan manfaatnya bagi kesehatan.

Melaui tematik "Kelor Indonesia: Dari Budaya Lokal Menuju Bisnis Global" (Moringa Indonesia: From Local Culture to Global Business) diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan memperluas cakupan pasar kelor di perdagangan Internasional sehingga dapat menjadi salahsatu komoditas unggulan penyumbang devisa negara.

Tentunya tujuan akhir adalah bagaimana budidaya kelor di Indonesia dapat meningkatkan taraf keekonomian petani dan penggiat usahanya. Saat ini pasar Kelor di Eropa didominasi oleh konsumen Belanda.

Dukungan penyerapan kelor Indonesia di luar negeri terus digaungkan oleh Kementerian Pertanian, ABMI, Jaringan Diaspora Indonesia Global dan KBRI di Belanda.

Selain membawa amanat perdagangan ekspor, kesamaan kepentingan pengembangan kelor di Indonesia juga diarahkan pada peningkatan investasi khususnya dari sisi budidaya, mutu dan pascapanen.

Langkah-langkah strategis kedepan perlu dirumuskan dalam mengangkat nama kelor Indonesia di kancah dunia terutama langkah-langkah yang diperlukan agar tanaman adipangan ini mendapatkan status sebagai sebuah tanaman unggul dan menjadi rencana strategis Kementerian Pertanian ke depan.

Kegiatan Workshop dan Business Matching ini akan dihadiri oleh para narasumber yang kompeten dalam bidangnya diantaranya narasumber yang membicarakan sisi budidaya, dampak kesehatan dan market intelligent pasar moringa di eropa khususnya Belanda.

Juga dari aspek industry tentang bagaimana peluang usaha moringa di Indonesia dan aspek panen, pascapanen serta pengolahaan skala UMKM, industri menengah dan industri besar. Dari sisi kebijakan pemerintah pusat dan daerah juga menjadi menu tematik FGD kali ini.

Pada agenda business matching akan ditandatangani kesepakatan kerjasama secara online dari sejumlah pelaku usaha/ perusahaan/ importir moringa di Belanda dengan petani/ pelaku usaha di dalam negeri juga secara fisik/ offline antara pelaku usaha/ perusahaan dalam negeri dengan kelompok tani di beberapa daerah penghasil moringa khususnya provinsi Bali.

Pada bagian akhir rangkaian kegiatan ini akan diadakan kunjungan ke lokasi kebun kelor dan unit pengolahan PT. Bali Agro Investama Kabupaten Jembrana.

Pengembangan kelor kedepan tentunya membutuhkan sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah.

Tentunya peran serta ABMI sebagai wadah organisasi yang beranggotakan akademisi, pelaku usaha, pembuat kebijakan, beragam komunitas, dan pelaku media ini sangat penting untuk membantu pemerintah dalam menyusun rekomendasi kebijakan pengembangan kelor kedepan.

Penyamaan langkah untuk pencapaian tujuan kegiatan ini sangat diharapkan untuk pengembangan Kelor Indonesia: Dari Budaya Lokal Menuju Bisnis Global terutama berperan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan menjadi salah satu komponen kegiatan mendukung peran kepemimpinan Indonesia pada forum kerjasama G-20. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: