Biji Kedawung Obati Kolera dan Kolik
Tanggal Posting : Senin, 18 Januari 2021 | 12:47
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 590 Kali
Biji Kedawung Obati Kolera dan Kolik
Biji Kedawung juga banyak digunakan untuk bahan campuran jamu gendong, misalnya beras kencur, cabepuyang, pahitan, kudu laos dan uyup-uyup.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Biji Kedawung, merupakan komponen penting dalam industri jamu karena memiliki khasiat mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit seperti kolera dan kolik.

Kedawung (Parkia roxbueghii G. Don.) termasuk suku Mimosaceae, berupa pohon, tinggi 20-40 m, batang berkayu, tegak, permukaan linopodial, cokelat setelah tua putih kotor. Daun majemuk, tangkai daun berkelenjar, anak daun panjang 4-10 mm, lebar 1-2 mm, pangkal membulat, ujung runcing, permukaan atas mengkilap hijau.

Bunga majemuk, bentuk malai, bunga jantan dengan benangsari 10, terletak dekat tangkai, bunga lainnya berkelamin dua dengan 10 benangsari dan satu putik, kuning. Buah polong, beisi 15-21 biji, hitam. Biji bulat telur, pipih, panjang 1-2 cm, lebar 1,5 cm, keras, bagian tengah bintik-bintik, bagian tepi halus, cokelat tua sampai hitam. Akar tunjang, cokelat.

Berita Terkait: Segudang Khasiat Kulit Bawang Merah
Berita Terkait: OMAI ASIMOR, Pelancar ASI Alami


Tumbuhan ini keragamannya kecil, tersebar luas di kawasan Asia dan Afrika. Di Indonesia dikenal sebagai salah satu raksasa hutan, tumbuh secara tidak berkelompok di seluruh pulau Jawa pada ketinggian kurang dari 500 mdpl.

Secara tradisional tumbuhan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan ramuan untuk berbagai penyakit. Biji Kedawung tua sering digunakan untuk mengobati penyakit kolik dan bahan campuran obat kolera. Seduhan tepung biji dicampur dengan daun Sembung digunakan untuk mengatasi nyeri haid dan penguat lambung.

Biji Kedawung juga banyak digunakan untuk bahan campuran jamu gendong, misalnya beras kencur, cabepuyang, pahitan, kudu laos dan uyup-uyup. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 152-153). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: