Badan POM Tekankan Mutu Obat Tradisional
Tanggal Posting : Minggu, 29 November 2020 | 06:42
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 189 Kali
Badan POM Tekankan Mutu Obat Tradisional
VISI Badan POM: Obat dan Makanan yang aman, bermutu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing nasional.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Badan POM menekankan mutu obat tradisional (OT) dengan tetap memfasilitasi pengembangan dunia usaha dengan keberpihakan terhadap UMKM.

Demikian ditegaskan oleh Dra. apt., Reri Indriani, M.Si, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional (OT), Suplemen Kesehatan dan Kosmetik pada saat menjadi pembicara pada  "Asian Young Pharmacists Group (AYPG)," pada 29 November 2020.

Mempresentasikan makalah berjudul "Traditional Medicine Regulatory Framework  In Indonesia," Reri Indriani memaparkan misi-visi Badan POM, yaitu:

MISI Badan POM: 1. Membangun SDM unggul terkait Obat dan Makanan dengan mengembangkan kemitraan bersama seluruh komponen bangsa; 2. Memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM; 3. Meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan serta penindakan kejahatan Obat dan Makanan melalui sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan; 4. Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya untuk memberikan pelayanan publik yang prima di bidang Obat dan Makanan.

VISI Badan POM: Obat dan Makanan yang aman, bermutu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing nasional.

SASARAN: 1. Melindungi masyarakat dari produk obat dan makanan yang tidak memenuhi aspek keamanan, manfaat, dan mutu, dan 2. Meningkatkan daya saing obat dan makanan di pasar lokal dan global melalui jaminan mutu dan inovasi.

Pada bagian lain, dijelaskan tentang Persyaratan Keamanan dan Mutu OT merupakan standar baku keamanan dan mutu yang harus diterapkan dalam pembuatan OT.

  • Bahan Baku: Bahan Berkhasiat, Bahan Tambahan
  • Produk Jadi: Obat Dalam: sediaan rajangan; sediaan serbuk; sediaan lainnya (serbuk instan, granul, serbuk efervesen, pil, kapsul, kapsul lunak, tablet/kaplet, tablet efervesen, tablet hisap, pastiles, dodol/jenang, film strip dan COD).

Berita Terkait: Profil Deputi Bidang Pengawasan OT, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik 

Berita Terkait: Pengembangan OMAI di Pelayanan Kesehatan Formal Sangat Besar 

Persyaratan Keamanan dan Mutu Produk Jadi. Persyaratan Keamanan & Mutu produk jadi berupa parameter uji: Organoleptik, Kadar Air, Cemaran Mikroba, Aflatoksin total, Cemaran Logam Berat, Keseragaman Bobot, Waktu Hancur Volume Terpindahkan, Penetuan kadar alcohol, PH.

Pemenuhan Persyaratan Keamanan & Mutu: Dibuktikan melalui pengujian: laboratorium terakreditasi dan/atau, laboratorium internal industri atau usaha obat tradisional yang diakui oleh Badan POM.

Persyaratan Keamanan dan Mutu Produk Jadi. Persyaratan Keamanan & Mutu produk jadi tertentu harus memenuhi uji kualitatif & kuantitatif:

a. bahan baku OHT; b. bahan aktif pada bahan baku dan produk jadi Fitofarmaka; c. residu pelarut produk dengan pelarut ekstraksi selain etanol dan/atau air yang ditetapkan penggunaannya berdasarkan persetujuan registrasi; dan d. produk lain yang berdasarkan kajian membutuhkan uji kualitatif dan/atau kuantitatif.

Pada kesempatan ini, Reri Indriani juga menyampaikan Daftar Tanaman Obat Yang Masuk Negative List, yaitu sebagai berikut.

Negative List Tanaman Obat

Keterangan Gambar: Bahan presentasi Dra. apt., Reri Indriani, M.Si,Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional (OT), Suplemen Kesehatan dan Kosmetik pada saat menjadi pembicara pada  "Asian Young Pharmacists Group (AYPG)," pada 29 November 2020. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: