Istilah OTG, ODP, PDP Dalam Kasus Virus Corona
Tanggal Posting : Kamis, 9 April 2020 | 09:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 6788 Kali
Istilah OTG, ODP, PDP Dalam Kasus Virus Corona
Kenali istilah-istilah dalam kasus Virus Corona.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Saat membaca atau melihat pemberitaan terkait kasus Virus Corona atau COVID-19, sering kali muncul istilah OTG, ODP, dan PDP. Mungkin masih banyak orang yang kebingungan dalam membedakan dan mengetahui penanganan yang didapat dari ketiga kriteria tersebut.

Perlu dipahami, kriteria tersebut dibuat untuk mengelompokkan risiko serta penampakan gejala dari orang-orang yang mungkin atau sudah terpapar virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Istilah tersebut dilakukan untuk mengelompokan risiko dan gejala yang ditimbulkan akibat dari COVID-19 dan agar dapat membedakan penanganan di fasilitas kesehatan ataupun saat isolasi di rumah.

Berita Terkait: Jenis-Jenis Masker untuk Virus Corona

Pada awalnya, istilah OTG atau Orang Tanpa Gejala belum muncul, istilah yang lebih dulu ada adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Berikut ini, istilah-istilah tersebut:

Orang Tanpa Gejala (OTG)
Seorang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

  • Demam (≥ 38 derajat Celcius) atau pilek/sakit tenggorokan/batuk.
  • Memiliki Riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi local atau memiliki Riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

  • Demam (≥ 38 derajat Celcius) disertai batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat.
  • Memiliki Riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi local atau memiliki Riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.
  • Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. (Sumber Berita: Infografis Kemenkes terkait Pengertian OTG, ODP, dan PDP). Redaksi JamuDigital.Com.

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: