Tips Memilih Obat Tradisional yang Aman
Tanggal Posting : Kamis, 3 Januari 2019 | 12:42
Liputan : Redaksi - Dibaca : 503 Kali
Tips Memilih Obat Tradisional yang Aman
Cara Cerdas Memilih Obat Tradisional yang Aman

JamuDigital.Com. Apakah Obat Tradisional (OT) itu? Bahan atau ramuan bahan berupa: 1. Bahan tumbuhan, contoh: jahe, 2. Bahan hewan, contoh: ikan gabus, 3. Bahan mineral, contoh: gypsum fibrosum, 3. Sediaan sarian (galenik), atau campuran.

Dari bahan diatas yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Tahukah kamu arti logo ini? Jamu adalah Obat Tradisional Indonesia yang digunakan secara turun-Temurun dengan : khasiat dibuktikan secara empiris. Nomor Izin Edar Produk TR.123456789 (9 digit angka).

OT Impor: adalah OT yang seluruh/ sebagian tahapan pembuatan dilakukan di luar negeri. Nomor Izin Edar Produk: TI.123456789 (9 digit angka).

OT Lisensi adalah OT yang seluruh tahapan pembuatannya dilakukan di dalam negeri berdasarkan lisensi. Nomor Izin Edar Produk: TL.123456789 (9 digit angka). OT Impor dan OT Lisensi tidak ada logo khusus.

Obat Herbal Terstandar (OHT) adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik pada hewan dan bahan bakunya telah distandardisasi. Nomor Izin Edar Produk: HT. 123456789 (9 digit angka).

Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik pada hewan dan uji klinik pada manusia, serta bahan baku dan produk jadinya telah distandarisasi. Nomor Izin Edar Produk : FF. 123456789 (9 digit angka).

Tips Memilih Obat Tradisional yang Aman: KLIK!

  • (K) CEK KEMASAN: Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak rusak/cacat.
  • (L) CEK LABEL: Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat.
  • (I) CEK IZIN EDAR: Pastikan memiliki izin edar dari Badan POM.
  • (K) CEK KADALUARSA: Pastikan produk belum melewati tanggal kadaluarsa.

Obat Tradisional yang aman tidak memberikan efek cespleng/instan.

Aplikasi "PUBLIC WARNING" Obat Tradisional adalah aplikasi berbasis android yang memuat data obat Tradisional (OT) yang mengandung bahan kimia obat (BKO).

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat memperoleh informasi produk OT telah dilarang peredarannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Playstore.

Kenali Bahan Kimia Obat (BKO).
Bahan Kimia Obat (BKO) tidak diperbolehkan penggunaannya sebagai campuran pada produk obat tradisional karena dapat membahayakan kesehatan.

Beberapa BKO yang sering disalah-gunakan pada obat tradisional:

  • Golongan pegal linu/pereda nyeri/encok/asam urat, contoh: antalgin, parasetamol, deksametason, alopurinol.
  • Golongan pelangsing, contoh: sibutramin.
  • Golongan stamina pria, confoh: sildenafil dan senyawa turunannya.
  • Golongan penambah nafsu makan, contoh: siproheptadin.
  • Golongan kencing manis, contoh: glibenklamid.
  • Golongan sesak nafas,comoh: teofilin.

Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, Jl.Percetakan Negara No. 23, Telp. :021-4244691. Ext.:1044. Email:pengawasan.otsk@gmail.com.

HALOBPOM. website: www.pom.go.id. Telp.: 1-500-533. SMS: 0-8121-9999-533. Email: halobpom@pom.go.id. Sumber: Brosur Badan POM 2018, Tips Memilih Obat Tradisional yang Aman. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: