Ramuan Tradisional Meredakan Batuk
Tanggal Posting : Senin, 28 September 2020 | 07:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 839 Kali
Ramuan Tradisional Meredakan Batuk
Kencur (Kaempferia galanga L.) memiliki manfaat untuk meredakan batuk. Simak cara pembuatan ramuannya.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Batuk merupakan reflek tubuh untuk membersihkan jalan nafas dari sesuatu yang mengganggu akibat adanya sumbatan jalan nafas bagian bawah oleh penumpukan lendir/dahak.

Sebelum merasa panik saat mengalami batuk, ada banyak pengobatan batuk yang bisa Anda coba, baik dalam bentuk obat-obatan dari dokter hingga beragam pengobatan alami. Salah satu obat alami yang populer untuk mengatasi batuk adalah kencur.

Kencur, yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga L, adalah tanaman obat yang diyakini sebagai tanaman obat yang manjur untuk meredakan berbagai penyakit.

Di Tiongkok dan India, kencur telah lama digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan pada anak, rematik, bisul, demam, infeksi tenggorokan, hingga batuk rejan.

Secara tradisional, kencur dipercaya memiliki khasiat sebagai obat batuk dan gatal-gatal pada tenggorokkan. Dalam sebuah penelitian, khasiat tersebut diujikan pada hewan penelitian.

Berita Terkait: Ramuan Tradisional Mengobati Infeksi Tinea

Berita Terkait:
Kayu Putih Mengobati Rematik


Hasilnya menunjukkan bahwa kencur memiliki kemampuan sebagai antitusif yang dapat menekan batuk dengan menurunkan aktivitas pusat batuk di otak dan menekan respirasi. Berikut ini cara membuat ramuan tradisional meredakan batuk:

Bahan-bahan:

  • Rimpang kencur 2 jari
  • Air matang hangat ¾ cangkir

Cara pembuatan:
Kencur dikupas dan diparut, tambahkan air ¾ cangkir lalau diperas dan disaring dengan menggunakan kain bersih/saringan teh.

Cara pemakaian:
Diminum 4-5 kali sehari 1 sendok makan.

Keterangan: Ramuan bias juga digunakan pada anak-anak usia di atas 12 tahun dan dewasa. Untuk dewasa rimpang kencur sebanyak 3 jari. (Sumber: Dikutip dari Buku Saku 1 Petunjuk Praktis TOGA & Akupresur Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tahun 2015, Hal. 14-15). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: