PPUIN Ajak Masyarakat Madani Bidang Kesehatan Tradisional di Riau
Tanggal Posting : Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 343 Kali
PPUIN Ajak Masyarakat Madani Bidang Kesehatan Tradisional di Riau
PPUIN adakan Pelatihan Pembekalan Calon Anggota pada 19 - 20 Oktober 2019 di Aula BPSDM Provinsi Riau.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. PPUIN (Perkumpulan Paricara Usada Indonesia) ingin mewujudkan masyarakat madani dalam bidang Kesehatan Tradisional di Riau dengan mengadakan Pelatihan Pembekalan Calon Anggota pada 19 - 20 Oktober 2019 di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Pekan Baru, Tim Penggerak PKK Pemerintah Provinsi Riau dan Praktisi Penyehat Tradisional dan Paramedis. Selain dari Provinsi Riau, peserta yang hadir berasal dari 5 provinsi yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Walikota Pekanbaru- yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Pekanbaru, Hj. Nur Eliza dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan ini karena sesuai dengan motto kota Pekanbaru menuju masyarakat yang madani, yaitu dalam bidang peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kesehatan tradisional. Diharapkan kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Kota Pekanbaru dengan PPUIN.

Ketua Umum PPUIN, Mochamad Subechan menjelaskan bahwa Paricara berasal dari bahasa Sangsekerta yang berarti abdi atau pengabdi, sedangkan usada adalah obat/pengobatan, Paricara usada adalah pengabdi pengobatan tradisional yang berakar pada budaya bangsa, memiliki visi mewujudkan pengobatan tradisional Indonesia agar sejajar dengan pengobatan tradisional di dunia. Indonesia ini memiliki SDM dan SDA yang besar.

"Yang paling penting adalah dari budaya bangsa kita sendiri, untuk itu, PPUIN ingin mengangkat budaya bangsa Indonesia, terutama pengobatan tradisional Indonesia agar selalu terjaga dan dapat dilestarikan. Semoga dengan adanya PPUIN dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Kita harus dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri," ujarnya.

Narasumber dan materi yang diberikan meliputi:

  • Jatidiri paricara usada Indonesia, sejarah, dan filosofi pengobatan tradisional serta Taman Obat Keluarga oleh Moch. Subechan.
  • Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Kapten CZI Pantas Siregar dari PASITER KODIM 0301/PBR
  • Hygiene & Sanitasi dalam Pelayanan Kesehatan Tradisional oleh Muhammad Dodi, M.Km
  • Pengantar Pijat Tradisional Indonesia, oleh Muhammad Dodi, M.KM
  • Pengantar Anatomi & Fisiologi oleh Dr. Farid Alwi
  • Penanganan gangguan penyakit ringan oleh Rizki Alfarisyi
  • Morfologi Tanaman Obat oleh Nilam Sari Effendie
  • Kewirausahaan dan Ilmu Komunikasi & Rekam Kesehatan Tradisional oleh Erna Setiyawati, S.E.,S.Ag.Kes

Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan Daun Mas Media Husada, Erna Setiyawati, S.E., S.Ag.Kes. yang juga Ketua Dewan Pengawas PPUIN mengatakan pelatihan yang diberikan ini sebuah pengantar sebagai prasyarat untuk dapat menjadi anggota PPUIN. Jika akan menjadi paricara usada ada pelatihan tingkat lanjutan.

"Pelatihan pembekalan ini, merupakan program beasiswa yang diajukan oleh PPUIN ke Lembaga Kursus dan Pelatihan Daun Mas Media Husada. Ini program beasiswa dari LKP Daun Mas," ujar Erna Setiyawati.

Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Provensi Riau, Pokja yang membawahi pembinaan Toga, Hj. Ir. Edriaty Bachtiar, M.Si. mengharapkan adanya kerjasama dengan PPUIN dalam pengembangan Tanaman Obat Keluarga meliputi Pendidikan dan Pelatihan serta Penyuluhan kepada Kader-Kader Tim Penggerak PKK se Provinsi Riau. Selain itu juga mengajak PPUIN untuk membangun Taman Toga di dalam kota Pekanbaru sebagai wahana Taman Edukasi dan Rekreasi Keluarga yang bisa menjadi salah satu Ikon kebanggaan masyarakat Provinsi Riau.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan pembentukan 5 (lima) Dewan Perwakilan Daerah dan 13 Dewan Pimpinan Cabang, meliputi: DPD Sumatera Utara, DPD Sumatera Barat, DPD Jambi, DPD Bengkulu dan DPD Kepulauan Riau. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: