Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh dan Wajah
Tanggal Posting : Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 237 Kali
Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh dan Wajah
Berikut ini adalah manfaat Kunyit untuk kulit tubuh dan wajah.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Membahas tentang Kunyit tidak pernah ada habisnya karena memiliki banyak sekali manfaat. Biasanya Kunyit digunakan sebagai penyedap rasa dan jamu, rupanya juga memiliki manfaat lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat Kunyit untuk kulit baik tubuh maupun wajah.

Kunyit (Curcuma longa L.) identik dengan warna kuning atau oranye namun juga ada Kunyit Putih yang tidak kalah banyak manfaatnya. Kunyit memiliki banyak sekali kandungan seperti anti inflamasi, antioksidan, curcuma dan lainnya. Bahkan kandungan yang dimiliki Kunyit juga digunakan dalam pengobatan tumor dan kanker.

Selain untuk kesehatan, Kunyit juga dimanfaatkan untuk kecantikan terutama merawat kulit. Yuk ketahui apa saja manfaat Kunyit pada kulit dan cara mudah untuk menggunakannya.

Manfaat dari Kunyit untuk Kulit Tubuh. Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan berbagai jenis masakan. Namun memiliki berbagai manfaat baik pada kulit tubuh Anda yang sangat menarik untuk diketahui.

1. Kulit Tubuh Cerah Alami

Kandungan yang dimiliki oleh Kunyit seperti antioksidan dan anti inflamasi membuat kulit menjadi cerah. Bahkan kulit tubuh Anda dapat menjadi cerah alami dan tampak berkilau tanpa biaya mahal. Apalagi cara memanfaatkan Kunyit sangat tidaklah sulit dengan harga per kilo sangat terjangkau.

2. Membuat Luka Cepat Sembuh

Manfaat Kunyit untuk kulit tubuh lainnya yaitu mampu membuat luka dikulit menjadi cepat sembuh. Jika Anda meletakkan bubuk Kunyit yang sudah diparut pada luka maka akan terasa sensasi dingin. Sehingga luka tersebut tidak terasa sakit serta proses penyembuhan lebih cepat secara alami.

Kemampuan Kunyit membantu menyembuhkan luka karena adanya kandungan kurkumin di dalamnya. Kurkumin akan bekerja dengan mengurangi oksidasi atau peradangan pada luka. Kunyit akan mempengaruhi jaringan dan kolagen jadi jika digunakan untuk penyembuhan luka jauh lebih maksimal.

3. Mengatasi Psoriasis Pada Kulit Tubuh

Psoriasis adalah peradangan yang biasa terjadi pada kulit dengan ditandai adanya ruam merah, kulit kering, bersisik dan tebal. Kondisi seperti ini memang membuat Anda merasa tidak nyaman dan mempengaruhi penampilan.

Kini tidak perlu khawatir karena Kunyit dapat mengatasi psoriasis termasuk meminimalkan gejalanya. Hal ini karena kandungan dari Kunyit yaitu antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat mengendalikan psoriasis. Namun sebelum Anda menggunakan sebaiknya ketahui dosis dan aturan pemakaiannya.

Manfaat dari Kunyit untuk Kulit Wajah. Sudah menjadi rahasia umum kalau Kunyit digunakan untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Ternyata manfaat lain dari Kunyit juga untuk kecantikan karena dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat.

1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat kerap kali muncul pada wajah dan tidak pernah diharapkan sama sekali kehadirannya. Selain mengganggu, jerawat yang muncul terkadang terasa sangat sakit dan bertahan lama. Tidak heran ketika seseorang mengalami jerawat maka sebisa mungkin mencari cara untuk mengatasinya.

Banyak yang menggunakan Kunyit karena sudah tahu manfaat Kunyit untuk wajah berjerawat sangat ampuh. Bahkan tidak hanya menghilangkan jerawatnya saja namun sampai ke bekasnya sekaligus. Membuat kulit wajah menjadi mulus kembali hanya dengan memakai Kunyit yang merupakan bahan alami.

2. Mencegah Keriput dan Penuaan Dini

Sinar UV menjadi musuh utama kulit terutama kulit wajah sehingga disarankan jangan lama-lama di bawah sinar matahari. Kerap kali karena tuntutan aktivitas atau pekerjaan membuat Anda terpaksa harus sering terpapar sinar matahari.

Hal ini dapat membuat kulit wajah menjadi seperti terbakar, keriput bahkan penuaan dini. Sudah dijelaskan berkali-kali kalau Kunyit memiliki kandungan antioksidan dimana sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Kandungan ini dapat melindungi kulit wajah serta mengurangi kerusakan akibat sinar UV. Sehingga Anda dapat mencegah secara alami adanya keriput pada wajah yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

Cara Membuat Masker Kunyit

Banyaknya manfaat masker dari Kunyit tentu sangat menarik jika tahu bagaimana cara membuat masker sendiri. Jika Anda ingin mencerahkan kulit tubuh memakai Kunyit maka dapat mencampurnya dengan tepung beras.

Tepung beras memiliki kandungan yang berguna untuk mencerahkan serta melindungi kulit baik wajah maupun badan dari sinar UV. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yaitu: Kunyit yang sudah diparut, Tepung beras, Susu murni, Minyak zaitun.

Cara Membuatnya Sederhana: Campurkan 2 sdm tepung beras, 2 sdm Kunyit bubuk, 2 sdm susu murni dan minyak zaitun beberapa tetes. Campurkan semua bahan sampai benar-benar tercampur dan teksturnya sangat lembut. Jika sudah tinggal aplikasikan saja pada tubuh sesuai keinginan. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.

Banyaknya manfaat dari kunyit tentu sangat menarik mengingat kunyit sangat mudah ditemukan dan harganya murah. Anda bisa campur kunyit dengan beberapa bahan untuk digunakan sebagai masker. Dapatkan manfaat kunyit untuk kulit tubuh dan wajah secara maksimal hanya dengan bahan alami saja. (Sumber: https://rempahid.com/manfaat-kunyit-untuk-kulit/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: