Khasiat Tanaman Adas Sembuhkan Batuk
Tanggal Posting : Jumat, 18 Juni 2021 | 05:17
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 260 Kali
Khasiat Tanaman Adas Sembuhkan Batuk
Adas merupakan rempah populer dalam dunia pengobatan herbal, salah satunya mengobati batuk.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Adas rempah yang populer dalam dunia pengobatan herbal di tanah air. Adas memiliki nama latin Foeniculum vulgare Mill. Adas merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati batuk.

Adas dibeberapa daerah dikenal dengan das pedas (Aceh), adas pedas (Melayu), adeh manih (Minangkabau), hades (Sunda), adas londa, adas landi (Jawa), adhas (Madura), paampas (Manado), denggu-denggu (Gorontalo), rempasu (Makasar), wala wunga (Sumba).

Tanaman Adas dapat hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, tetapi akan lebih baik jika tumbuh di dataran tinggi. Adas berasal dari daerah Laut Tengah (Italia ke timur hingga Suriah). Karena manfaatnya, Adas banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, dan Jepang.

Tanaman Adas ini memiliki bau yang harum dengan tinggi tanaman 50 cm - 2 m, berwarna hijau terang, dan tegak. Daun-daunnya tumbuh hingga 40 cm panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5 mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15 cm. 

Setiap bagiannya mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil. Buahnya adalah biji kering dengan panjang dari 4 - 9 mm, dan lebar separuh panjangnya, dan mempunyai alur. Bijinya yang dikeringkan disebut biji Adas.

Adas mengandung minyak atsiri (Oleum Foenuculi) 1- 6%, 50 -60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma khas dan berkhasiat karminatif.

Cara Pembuatan/Penggunaan:

2 x 3-7 g buah/hari. bahan dihaluskan, diseduh dengan 1 cangkir air mendidih, diamkan, saring, dan diminum selagi hangat. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2017, Halaman 38). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: