Khasiat Sereh Obati Radang Sendi
Tanggal Posting : Selasa, 2 Maret 2021 | 10:36
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 282 Kali
Khasiat Sereh Obati Radang Sendi
Minyak atsiri dari tanaman Sereh memiliki efek analgesik terhadap radang sendi, nyeri kepala, kejang otot, spasme, reumatik, myalgia dan neuralgia.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Di Indonesia Sereh biasanya digunakan sebagai bumbu dapur pada masakan tertentu. Aromanya yang khas dan harum membuat masakan menjadi lebih kaya rasa. Tapi tahukah Anda, Sereh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Salah satunya mengobati radang sendi.

Sereh (Cymbopogon nardus L.) berasal dari suku Gramineae. Serah dibeberapa daerah dikenal dengan Sere mangat, seere, sang-sange, sarai, sorai, sere, serai, belangkak, salai, segumau, see, pataha mpori, kendaung witu, nau sina, bumuke, tenian malai.

Sereh merupakan keluarga rumput yang rimbun dan berumpun besar, aroma kuat dan wangi, juga merupakan tanaman tahunan yang hidup liar. Tinggi sampai 1,2 m. Akar merupakan akar serabut yang berimpang pendek.

Batang tanaman tumbuh tegak lurus, bergerombol, berumbi berwarna putih kekuningan atau putih keunguan dan kemerahan, lunak, bersifat kaku dan mudah patah serta berongga. Isi batang berupa pelepah umbi untuk pucuk.

Daun berwarna hijau, tepi tajam dan kasar, panjang 50-100 cm, lebar 2 cm, daging daun tipis, serta pada permukaan dan dalamnya berbulu halus, tidak bertangkai, kesat, panjang, runcing, hamper menyerupai daun lalang.

Bentuk seperti pita yang makin keujung makin runcing dan berbau citrus ketika diremas, tulang daun tersusun sejajar, letaknya padabatang tersebar. Jarang sekali memiliki bunga bila ada tidak memiliki mahkota dan mengandung bulir.

Sereh mengandung 1% minyak atsiri dengan komponen sitronelal (32-45%), geraniol (12-25%), geranil asetat (3-8%), sitronelil asetat (1-4%). Komponen lain adalah mirsen (12- 25%), diterpen, metilheptanon, sitronelol, linalool, farnesol, alkohol, aldehid, terpineol dan lebih 12 komponen lain.

Minyak atsiri dari tanaman Sereh berefek analgesik terhadap radang sendi, nyeri kepala, kejang otot, spasme, reumatik, myalgia dan neuralgia.

Dosis dan Cara Pembuatan: 1 x 3 daun/hari. Bahan direbus dengan 2 gelas air menjadi separuhnya, dinginkan, saring, dan diminum sekaligus. (Sumber: Formularium Obat Herbal Asli Indonesia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 163-164). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: