Khasiat Kacang Kedelai Terhadap Kesehatan Jantung
Tanggal Posting : Selasa, 5 Juli 2022 | 08:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 65 Kali
Khasiat Kacang Kedelai Terhadap Kesehatan Jantung
Kacang kedelai dan produk olahannya telah dibuktikan memiliki efek kardioprotektif karena memiliki beberapa senyawa benefisial seperti isoflavone dan daidzein. Foto: Orami Photo Stock

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Kacang kedelai adalah sumber makanan kaya antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan lemak tidak jenuh.

Kacang kedelai dan produk olahannya telah dibuktikan memiliki efek kardioprotektif karena memiliki beberapa senyawa benefisial seperti isoflavone dan daidzein.

Menurut artikel yang ditulis dr. Virandra B. Kusmanto berjudul "Manfaat Kacang Kedelai Terhadap Kesehatan Jantung" dalam web RS Jantung Nasional Harapan Kita, kandungan senyawa dalam kacang kedelai mencegah penyakit jantung melalui mekanisme sebagai berikut.

1.Memiliki efek vasodilatasi pembuluh darah

Isoflavon berinteraksi dengan reseptor estrogen pada pembuluh darah coroner dapat memproduksi nitrous oxide sebuah gas yang memiliki efek melebarkan pembuluh darah.

2.Menurunkan kadar kolesterol

Isoflavon menurunkan kadar kolesterol dengan cara mempercepat eliminasi low density  lipoprotein (LDL) dan very low density liporpotein (VLDL) dalam liver.

3.Merupakan sebuah antioksidan

Daidzein dalam kedelai akan di metabolism oleh bakteri dalam system pencernaan dan berubah menjadi equol sebuah antioksidan yang ampuh bagi kesehatan.

4.Memiliki efek anti inflamasi

Isoflavon meningkatkan kesejahteraan bakteri baik dalam system pencernaan yang  memproduksi antioksidan.

Sebuah studi di Amerika (2020) tentang kebiasaan makan kedelai 210.700 partisipan, menunjukkan orang mengkonsumsi isoflavon diatas 2 mg setiap hari memiliki efek 13% penurunan serangan jantung dan stroke dibanding orang mengkonsumsi isoflavone dibawah 0.15 mg per hari.

Mekipun perbedaan terlihat kecil, perlu diketahui kadar konsumsi kedelai dalam studi ini relatif sedikit.Sedangkan studi di Jepang yang konsumsi kedelai sangat tinggi (>40 mg per hari) menghasilkan penurunan serangan jantung dan stroke mencapai 45%.

Kacang kedelai dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman seperti tempe, susu kedelai, tahu, dan taoco.Karena itu marilah kini kita rajin mengkonsumsi kedelai lebih banyak untuk lebih sehat.Selain enak, jenis makanan tersebut sangat menyehatkan jantung manusia. (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/healthy-food/pr-4463807485/4-mekanisme-kacang-kedelai-mencegah-terjadinya-penyakit-jantung?page=3 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: