Khasiat Daun Gambir Obati Sakit Gigi
Tanggal Posting : Kamis, 18 Maret 2021 | 08:52
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 527 Kali
Khasiat Daun Gambir Obati Sakit Gigi
Daun Gambir memiliki kandungan flavonoid, katekin, dan alkaloid sehingga dapat mengobati sakit gigi.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Gambir atau tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Uncaria gambir Roxb adalah jenis tumbuhan merambat yang sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional salah satunya mengobati sakit gigi.

Daun Gambir dibeberpa daerah dikenal dengan gambee, kacu, sontang, pengilom, sepelet (Sumatera), santun, ghambhir (Jawa), kelare, abi (Kalimantan), tagambe, gambele (Nusa Tenggara), kampir, ngamir, gabere (Maluku).

Gambir merupakan tanaman perdu dengan batang tegak dan keras berwarna coklat pucat ini dipanen pertama kali pada usia antara 1,5 hingga 2 tahun. Gambir memiliki daun tunggal berbentuk elips berwarna hijau dengan ujung runcing saling berhadapan.

Sementara itu, bagian bunganya tergolong majemuk dengan bentuk menyerupai lonceng. Bunga-bunga putih berukuran kecil terdapat pada bagian tongkol bunga yang bulat. Untuk bagian buahnya justru berwarna hitam dengan bentuk menyerupai telur dan memiliki panjang hanya sekitar 1,5 cm.

Kandungan utama dari tumbuhan Uncaria gambir Roxb ini adalah berbagai jenis flavonoid. Salah satunya adalah gambiriin. Selain itu, Gambir juga mengandung katekin hingga 51 persen. Gambir juga mengandung zat penyamak dengan persentase 22-50 persen.

Tak hanya itu, gambir juga mengandung alkaloid. Salah satunya adalah gambirtanin. Zat tersebut tersedia dalam bentuk turunan dihidro dan turunan okso- gambirtanin. Gambir juga mengandung d-katekin sebanyak 7-33 persen dan asam katekunat. Asam ini masih sejenis dengan tanin, dan terkandung sebanyak 22-50 persen.

Cara pembuatan/penggunaan: 2 x 1 potong (ukuran ±1-2 cm)/hari. Bahan diseduh dengan setengah gelas air mendidih sampai larut, dinginkan. Gunakan untuk berkumur. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 25-26). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: