Khasiat Alamanda Obati Maag
Tanggal Posting : Selasa, 26 Januari 2021 | 09:22
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 274 Kali
Khasiat Alamanda Obati Maag
Alamanda merupakan tanaman hias yang sering disebut dengan nama bunga terompet emas yang memiliki manfaat mengobati maag.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tanaman hias alamanda selain cantik ternyata juga punya sejuta manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati maag.

Bunga alamanda dalam bahasa ilmiah Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang juga sering disebut dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.

Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan banyak juga ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya sendiri yang indah. Bunga alamanda ini termasuk ke dalam suku Apocynaceae.

inilah beberapa manfaat untuk kesehatan dari si cantik berwarna kuning terang. Biasanya yang digunakan adalah bagian akar, daun, dan bunga untuk pengobatan. Daun Alamanda memiliki kandungan alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan).

Kulit batang dan buahnya mengandung saponin. Kulit batangnya mengandung tannin. Sedangkan buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang dijadikan sebagai obat penyakit hati) dan polifenol (zat kimia yang memiliki sifat antioksidan).

Berita Terkait: Bunga Kitolod Taklukkan Sakit Mata
Berita Terkait: Keunggulan Obat Modern Asli Indonesia


Manfaat lainnya yaitu getah bunga alamanda yang berwarna putih memiliki sifat antibakteri dan juga antibiotik sehingga dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri. Bunga ini juga dapat digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa, serta dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kuning.

Daunnya digunakan untuk penawar racun dan dipakai sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, dan kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, berkhasiat laksatif (pencahar) dan penyebab muntah (emetik).

Cara Penggunaan dan Aturan Pakai

Ambil 13 helai daun alamanda direbus dengan 2 gelas air lalu diminum 3 kali sehari, perebusan dilakukan setiap akan meminum ramuan tersebut. (Sumber: Buku Tumbuhan Obat Halimun, Kelompok masyarakat Desa Simasari Yayasan Peduli Konservasi Alam Indonesia, tahun: 2008, halaman 3). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: