Enam Yankestrad Integrasi di Berbagai Rumah Sakit
Tanggal Posting : Sabtu, 25 Juli 2020 | 06:53
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 634 Kali
Enam Yankestrad Integrasi di Berbagai Rumah Sakit
Peluang Yankestrad sebagai Inovasi di Fasyankes. Sudah ada enam Yankestrad Integrasi di berbagai Rumah Sakit.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Hingga saat ini, ada enam Unit Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi di Rumah Sakit, yaitu: RSPTN Unair, Surabaya, RSJ Prof. Soerojo, Magelang, RSU Bangli, Bali, RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, RSUP Sanglah, Bali, dan RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang, Jawa Tengah yang diresmikan pada Kamis, 23 Juli 2020.

Demikian disampaikan Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional KEMENKES RI., saat menjadi pembicara Workshop Nasional "Pelayanan Kesehatan Berbasis Pendekatan Alami Melalui Integrasi Pelayanan Kesehatan Tradisional" secara virtual dalam rangka peresmian Unit Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi di Rumah Sakit RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang.

Sejumlah pakar yang kompeten menjadi narasumber pada workshop tersebut. Keynote Speech disampaikan oleh Prof.dr. H. Abdul Kadir, Ph.D., Sp.THT-KL (K), MARS., Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Berita Terkait: Peresmian Instalasi Yankes Tradisional RSUD Wongsonegoro

Prof. Abdul Kadir mengatakan berdasarkan Undang-Undang No. 36 Tahun 2009, Pasal 48, pelayanan kesehatan tradisional merupakan salah satu kegiatan dari 17 upaya kesehatan. Pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari tahun ke tahun- menunjukkan besarnya minat masyarakat memanfaatkan kesehatan tradisional. Pada 2018, masyarakat yang menggunakan pelayanan kesehatan tradisional sebesar 44,3% dalam bentuk ramuan jadi, ramuan buatan sendiri, keterampilan manual, keterampilan olah pikir, dan keterampilan energi.

RS harus terus belajar, inovatif, berkomitmen, serta menginisiasi transformasi budaya. Berdasarkan Permenkes No. 37 Tahun 2017, Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang mengkombinasikan pelayanan kesehatan konvesional dengan Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer, baik bersifat sebagai pelengkap atau pengganti.

"RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang merupakan rumah sakit yang telah mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional integrasi sebagai salah satu inovasi layanan unggulan dalam pelayanan kesehatannya," tambahnya.

Pelayanan kesehatan tradisional yang holistik berpotensi menjadi pelayanan inovasi dan unggulan di RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang agar pasien tetap sehat, aktif dan produktif. Saya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang dengan membuka Instalasi Layanan Kesehatan Tradisional.

Peluang Yankestrad sebagai Inovasi di Fasyankes

Dr. Ina Rosalina saat mempresentasikan makalahnya berjudul: "Implementasi dan Legalisasi Penpyelenggaraan Yankestrad Integrasi di Rumah Sakit", menjelaskan bahwa Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi di Rumah Sakit yaitu suatu bentuk pelayanan kesehatan yang mengkombinasikan pelayanan kesehatan konvensional dengan Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer, baik bersifat sebagai pelengkap maupun pengganti dalam keadaan tertentu.

Menurut PMK 37/2017, Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi adalah:

  • Terintegrasi paling sedikit dengan satu Pelayanan Kesehatan Konvensional yang ada di Fasilitas Pelayanan Kesehatan;
  • Aman, bermanfaat, bermutu, & sesuai dengan standar
  • Menggunakan pelayanan kesehatan tradisional komplementer yang memenuhi kriteria tertentu. Kriteria meliputi: terbukti secara ilmiah; dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan terbaik pasien, memiliki potensi promotif, preventif, kuratif, rehabilitatItif, & meningkatkan kualitas hidup pasien secara fisik, mental, dan sosial.

Dijelaskan pula Tahapan Penetapan Penyelenggaraan Yankestrad Integrasi Di RS, yaitu:

  1. Komitmen Pimpinan RS
  2. Rekomendasi Komite Medik berisi: Hasil kredensial terhadap staf medis dan nakestrad yang akan melakukan Yankestrad Integrasi, yaitu:  Sp.Ak atau Mitra Bestari, Jenis dan modalitas Yankestrad yang akan diintegrasikan (yang sudah ditetapkan oleh Menteri), Area klinis/indikasi Yankestrad Integrasi.
  3. Penetapan oleh Pimpinan RS berdasarkan Rekomendasi Komite Medik: Jenis dan modalitas Yankestrad yang diintegrasikan, SPO Yankestrad Integrasi, Unit Yankestrad Integrasi, Pembentukan & Penetapan tim yang akan memberikan pelayanan, Penerbitan kewenangan klinik tenaga kesehatan yang menyelenggarakan Yankestrad Integrasi.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Pemanfaatan Obat Tradisional, sesuai dengan: Permenkes Nomor 6 Tentang FOHAI, Kepmenkes Nomor: HK.01.07/MENKES/187/2017  tentang FROTI, Kepmenkes 121/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Medik Herbal.

Maka dokter dapat menggunakan obat tradisional untuk: Promotif, Preventif, Kuratif, Rehabilitatif. Dalam hal ini, diperlukan edukasi tentang Jamu. Sedangkan OHT dan Fitofarmaka (OMAI)  dapat   digunakan pada praktek mandiri atau di Rumah Sakit (Formularium Nasional Formularium RS).

Permenkes  Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional (Pasal 24 Ayat 2).  Dalam hal obat yang dibutuhkan sesuai indikasi medis pada Fasilitas Kesehatan rujukan tingkat lanjutan tidak tercantum dalam Formularium Nasional, dapat digunakan obat lain berdasarkan persetujuan Komite Medik dan kepala/direktur rumah sakit"

Dr. Ina Rosalina menyebutkan peluang Yankestrad sebagai Inovasi di Fasyankes, antara lain sebagai berikut:

  • Membantu Pencegahan PTM
  • Membantu Peningkatan Daya Tahan Tubuh
  • Meningkatkan Wellness (Promotif dan Preventif)
  • Amanat Presiden untuk Memanfaatkan Kearifan Lokal
  • Peningkatan Pemanfaatan Yankestrad oleh Masyarakat. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: