Daun Cincau Redakan Panas Dalam
Tanggal Posting : Kamis, 11 Februari 2021 | 07:35
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 492 Kali
Daun Cincau Redakan Panas Dalam
Daun Cincau mengandung klorofil yang dapat berfungsi sebagai zat antioksidan dan antiperadangan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Cincau merupakan tanaman oriental yang sering di jumpai di daerah asia khusunya di Indonesia, daun ini sering di buat sebagai olahan minuman. Namun di samping itu Daun Cincau hijau ternyata memiliki segudang manfaat luar biasa untuk kesehatan, salah satunya meredakan panas dalam.

Daun Cincau memiliki nama latin Cyclea barbata L. Didaerah lain Daun Cincau dapat disebut cincao (Melayu), camcao (Jawa Tengah). Daun Cincau memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A, B1, C), air, yang cukup banyak membuat Daun Cincau dipercaya sebagai alternatif untuk menghilangkan panas dalam.

Keluhan sakit perut, mual, dan gangguan pencernaan juga bisa reda berkat Daun Cincau. Makanan penghilang dahaga nan menyegarkan ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena ada kandungan serat larut air.

Daun Cincau sejatinya memiliki kadungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia dalam 100 gram. Daun Cincau hijau saja sudah terkandung energi sebesar 122 kkal, protein 6 %, lemak 1 %, karbohidrat 26 %, serat kasar 6,23 %, kalsium 0,1 %, fosfor 0,1 %, besi 0,0033 %, vitamin A 107,50 (SI), vitamin B1 80 mg dan vitamin C 17 mg.

Daun Cincau hijau khusunya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena Daun Cincau mengandung klorofil yang dapat berfungsi sebagai zat antioksidan dan antiperadangan.

Cara pembuatan/penggunaan: Bahan ditumbuk atau diremas-remas dengan air secukupnya, peras, saring, tampung dalam loyang, diamkan hingga terbentuk gel. Potong sesuai selera, dapat ditambahkan santan dan gula merah secukupnya. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 31). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: