Cara Praktis Menyuling Serai Wangi. Mau Tahu...
Tanggal Posting : Sabtu, 21 Agustus 2021 | 06:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 244 Kali
Cara Praktis Menyuling Serai Wangi. Mau Tahu...
Cara Praktis Menyuling Serai Wangi, ada tiga metode yang lazim digunakan, apa saja ya. Simak metodenya di artikel ini.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mengadakan Bimbingan Teknis Virtual dengan tema "Pengenalan Varietas, Budidaya Dan Penyulingan Serai Wangi," diikuti peserta 446 Orang melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube. Peserta berasal dari dari berbagai profesi, dan asal domisili yang beragam seluruh Indonesia. Setiap peserta mendapatkan fasilitas bahan materi dan sertifikat secara gratis.

Kegiatan Bimbingan Teknis  dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, yang diwakili oleh Dra. Nur Maslahah, MSi. didampingi Moderator: Dr. Sukamto, dan para Narasumber  di Bogor, 19 Agustus 2021.  

Materi yang disampaikan pada Bimbingan Teknis ini diantaranya 1. Materi Varietas Unggul Seraiwangi dengan narasumber Drs. Cheppy Syukur; 2. Materi Tehnik Budidaya Seraiwangi dengan narasumber Ir. Octivia Trisilawati, MSc; 3. Materi Proses Penyulingan Minyak Serai Wangi dengan narasumber Hikmat Mulyana, Ssi.

Dra. Nur Maslahah, MSi dalam sambutannya menyampaikan topik yang diangkat untuk bimbingan teknis saat ini adalah Pengenalan Varietas, Budidaya Dan Penyulingan Seraiwangi" merupakan kegiatan Bimtek Online Balittro yang ke 3 yang telah dilaksanakan di tahun 2021.

Dalam paparan materinya, Drs. Cheppy Syukur menyampaikan dalam kesesuaian lahan seraiwangi Cocok tumbuh pada tanah yang subur, gembur dan mengandung banyak bahan organik, pH tanah optimum 6,0-7,5, dan cocok tumbuh pada berbagai kontur tanah, suka limpahan cahaya matahari yang besar dan curah hujan tidak terlalu berlimpah.

Cuaca yang panas, sinar matahari akan merangsang pembentukan minyak dalam tanaman. Dapat tumbuh pada iklim dingin, tapi produktivitas menurun. Di daerah yang curah hujannya melimpah, dapat dipanen lebih sering dibandingkan dengan daerah kering, namun minyak yang dihasilkan lebih rendah," ujar Cheppy Syukur.

Media Jamu, Nomor Satu

Kunci Keberhasilan budidaya seraiwangi adalah Terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Budidaya dan beberapa hal yang perlu diperhatikan 1.Pengembangan di daerah yang sesuai; 2. Menggunakan varietas unggul; 3. Tindakan budidaya yang optimal (penyiapan lahan & benih, pemeliharaan, pola tanam, pengendalian OPT, sanitasi); 4. Proses panen dan pasca panen yang tepat," ujar Ir. Octivia Trisilawati, MSc dalam paparannya.

Hikmat Mulyana, Ssi menyampaikan Penyulingan merupakan suatu proses isolasi minyak atsiri dari bahan bakunya dengan bantuan uap air, yang selanjutnya uap tersebut akan mengalami proses kondensasi untuk menghasilkan minyak atsiri tersebut. Prinsip pemisahannya berdasarkan perbedaan titik didih dari tiap komponen dengan menggunakan panas sebagai tenaga pemisah.

Terdapat 3 cara penyulingan minyak atsiri yang lazim digunakan, yaitu: 1. Penyulingan secara direbus (water distillation); 2. Penyulingan secara dikukus (water and steam distillation); 3. Penyulingan dengan uap langsung (steam distillation).

Penyulingan daun serai wangi dapat dilakukan dengan penyulingan cara kukus (penyulingan air dan uap) dikarenakan lebih ekonomis dibandingkan cara uap langsung. Kapasitas ketel dalam penyulingan bisa mencapai 1 ton bahan dengan kepadatan 0,2 Kg/ liter.

Perajangan/pemotongan daun sebelum dimasukkan ke dalam ketel dapat meningkatkan kapasitas ketel dan mencegah terjadinya jalur uap di dalam ketel sehingga rendemen minyak akan meningkat," ujar Hikmat Mulyana, Ssi.

Semoga pemaparan materi dan diskusi yang disampaikan di bimbingan teknis secara virtual ini dapat meningkatkan kualitas dan, membawa manfaat. (Sumber Berita: https://balittro.litbang.pertanian.go.id/?p=10183). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: