Berbagai Khasiat Tanaman Selasih
Tanggal Posting : Jumat, 8 Januari 2021 | 10:00
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 219 Kali
Berbagai Khasiat Tanaman Selasih
Selasih merupakan tanaman semak yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Biji selasih adalah salah satu biji tanaman yang cukup populer di Indonesia karena sering digunakan sebagai pemanis pada minuman maupun untuk camilan. Memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum, ternyata biji tanaman ini memiliki senyawa dan bahan aktif kuat yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Selasih merupakan tanaman semak menahun, tinggi mencapai 1,5 m. Percabangan rapat, dan berbunga sepanjang musim. Daun tunggal, duduk bersilang berhadapan, tepi bergerigi, warna daun hijau tua, dengan pertulangan berwarna ungu.

Pembungaan majemuk, bentuk bulir, muncul di ujung cabang atau batang, panjang bunga 5-15 cm, duduk bunga berkarang dalam tangkai bulir, berjumlah 4-7 bunga. Kelopak bentuk tabung, ujung bercangap dua, mahkota bentuk tabung, dengan benang sari menjuntai keluar dari tabung mahkota, warna mahkota putih keunguan atau ungu tergantung varietasnya.

Berita Terkait: Khasiat Kwalot Membersihkan Racun
Berita Terkait: OMAI ASIMOR, Tekan Angka Stunting di Indonesia


Selasih tumbuh menyebar di daerah tropis dan daerah beriklim sedang. Masyarakat menggunakan tanaman ini untuk mengatasi infeksi saluran nafas, diare, sakit kepala, sakit kepala, sakit mata, penyakit kulit, radang paru-paru, diabetes, mengobati batuk, demam dan konjungtivitias.

Minyak mengandung timol, mirsen, karvakrol, terpinen, eugenol dan β (Z)-osimen. Minyak Selasih mengandung eugenol yang memiliki aktivitas sebagai anti bakteri. Selain digunakan sebagai ramuan obat tradisional, bunga selasih umumnya digunakan sebagai pewangi pada bunga tabur, bijinya untuk minuman, sedangkan daunnya digunakan untuk mengusir nyamuk.

Tanaman ini mudah dijumpai tumbuh liar di makam, pinggir sawah, tegalan atau di pinggir hutan. Untuk budidaya, selasih mudah dikembang biakkan menggunakan bijinya. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 144). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: