Badan POM Dukung Transformasi Rempah Menjadi Produk Unggulan
Tanggal Posting : Sabtu, 11 Januari 2020 | 06:41
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 246 Kali
Badan POM Dukung Transformasi Rempah Menjadi Produk Unggulan
Kepala Badan POM, Penny K. Lukito bersama peserta pameran Transformasi Rempah Nusantara di Era Industri 4.0 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Badan POM mendukung penuh transformasi rempah Nusantara di era Industri 4.0 dengan kebijakan untuk mempercepat pengembangan rempah Nusantara menjadi produk berdaya saing tinggi- dalam bentuk beragam produk pangan olahan, kosmetika, Jamu-Obat Tradisional hingga Fitofarmaka.

Demikian ditegaskan Kepala Badan POM RI., Penny K. Lukito terkait kehadiran Booth Badan POM pada Pameran "Bangun Komitmen Indonesia Berdikari" yang dilaksanakan pada 10-12 Januari 2020 di JIEXPO, Kemayoran Jakarta dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-47 dan Rakernas PDI Perjuangan Tahun 2020.

Stand Pameran Badan POM dengan tema: "Transformasi Rempah Nusantara, Mendukung Daya Saing Industri 4.0: Peran Badan POM melalui Hilirisasi dan Digitalisasi" menampilkan infografis baik secara digital maupun flowchat print out, tentang proses transformasi rempah nusantara menjadi berbagai produk unggulan, juga ditampilkan contoh-contoh produk-produk unggulan di berbagai show case.

Tampak hadir di booth Badan POM, antara lain: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI., Bintang Puspayoga, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dan sejumlah politisi senior PDI Perjuangan lainnya.

Pameran Badan POM2Keterangan Foto: Suasana Stand Pameran Badan POM dengan tema: "Transformasi Rempah Nusantara, Mendukung Daya Saing Industri 4.0: Peran Badan POM melalui Hilirisasi dan Digitalisasi"

Untuk menggambarkan transformasi rempah nusantara Indonesia, stand Badan POM didukung oleh sejumlah perusahaan yang memiliki beragam produk unggulan, antara lain: PT. Sido Muncul, PT. Harvest Gorontalo Indonesia, PT. Sinde Budi Sentosa/Café Jamu Acaraki, PT. Dexa Medica- menampilkan produk-produk Fitofarmaka, PT. Kalbe Farma/PT.Bintang Toedjoe, PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories, PT. Soho Industri Farmasi, PT. Sanbe Farma, PT. Mayora Indah.

Jamu Digital juga ikut tampil di booth Badan POM, sebagai pelopor digitalisasi Jamu dengan produk media online Jamu dan aplikasi Jamu Digital, sebagai bentuk kontribusi agar Jamu Indonesia dapat mendunia dan mempercepat proses transformasi Jamu di era Industri 4.0.

HUT PDI Perjuangan ke-47 dan Rakernas 2020 dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Tampak hadir Presiden RI., Joko Widodo, Wakil Presiden RI., Ma’ruf Amin, dan sejumlah mantan Wakil Presiden RI.: Try Sutrisno, Jusuf Kalla dan Boediono.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan beberapa capaian terkait ekonomi. Diantaranya tentang pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Selain pertumbuhan ekonomi yang stabil, Presiden Jokowi memaparkan capaian lainnya. Tingkat kemiskinan turun 0,41 poin dari posisi Maret 2018 menjadi 9,41% pada 2019. Rasio gini turun 0,002 poin dari September 2018 menjadi 0,38%.

Jokowi menambahkan bahwa defisit transaksi berjalan masih menjadi persoalan Indonesia, terjadi karena impor cukup besar. Untuk itu, pemerintah berkomitmen mentransformasikan ekonomi guna mendorong ekspor dan menekan impor. Salah satu caranya dengan industrialisasi, mengolah komoditas mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Pameran Badan POM5

Keterangan Foto: Suasana Stand Pameran Badan POM dengan tema: "Transformasi Rempah Nusantara, Mendukung Daya Saing Industri 4.0: Peran Badan POM melalui Hilirisasi dan Digitalisasi"

Potensi rempah nusantara, memang sangat besar dan seharusnya dapat menjadi unggulan produk yang dapat diolah menjadi beragam produk pangan, kosmetik dan obat-obatan.

Bagaimana Badan POM mendorong transformasi rempah Indonesia di era digital agar kompetitif di pasar global?

Berita Terkait: Badan POM Fasilitasi Rempah Nusantara Mendunia

Dukungan dan komitmen para stakeholders akan menjadikan produk rempah Indonesia menjadi produk yang unggul di pasar dalam negeri dan berpotensi sukses di pasar global. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: