7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Minggu, 19 September 2021 | 08:21
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 194 Kali
7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan
Mau tahu apa saja manfaat Buah Srikaya untuk kesehatan? Simak yuks artikel dibawah ini.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Srikaya tergolong tanaman daerah tropis. Buah srikaya memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Srikaya bukan asli tanaman Indonesia, tetapi mudah dibudidayakan. Buah Srikaya memiliki bentuk bulat dengan kulit bermata banyak, serta daging berwarna putih. Buah Srikaya dapat dijadikan olahan jus.

Dilansir dari Infografis Instagram @ bppsdmp, berikut beberapa manfaat yang dapat kamu dapatkan ketika mengkonsumsi Buah Srikaya diantaranya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah Srikaya memiliki berbagai kandungan nutrisi, salah satunya vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam Buah Srikaya cukup banyak.

Vitamin C yang ada di dalam Buah Srikaya berguna untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Mengonsumsi Buah Srikaya secara rutin membuat daya tahan tubuh menjadi kuat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit dan melawan infeksi yang menyerang tubuh Anda.

2. Menurunkan tekanan darah

Potasium dan magnesium yang terkandung dalam Buah Srikaya dapat membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki tingkat tekanan darah yang berfluktuasi atau naik-turun, kamu dapat mengonsumsi satu buah srikaya setiap hari untuk membantu mengendalikannya.

3. Mencegah Kanker

Buah Srikaya yang memiliki sifat antioksidan mampu mengurangi radikal bebas. Radikal bebas yang tertumpuk di dalam tubuh Anda akan menyebabkan kerusakan sel dan peradangan. Radikal bebas memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya kanker. Buah Srikaya mengandung acetogenin dan alkaloid yang mampu membunuh sel kanker.

Beberapa kandungan lain yang ada di dalam buah srikaya seperti asetogenin, skuamostanin, annotemoyin-1, dan glukopiranosid kolesteril yang memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker dan membuat sel-sel kanker mati. Buah Srikaya juga mampu menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker di tubuh Anda. 

4. Mengontrol gula darah

Buah Srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Buah Srikaya dipercaya mampu mencegah meningkatnya gula darah di tubuh Anda. Mengonsumsi Buah Srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Buah Srikaya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes walau rasanya manis.

5. Mengatasi luka pada lambung

Bukan hanya bagian buah saja, manfaat atau khasiat daun Srikaya yang dihancurkan juga dapat dioleskan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi ulkus dan luka ganas. Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research.

Studi yang dilakukan pada tikus tersebut mendapatkan hasil bahwa daun Srikaya mampu menghambat lesi lambung yang disebabkan oleh ulkus. Artinya, ekstrak daun Annona squamosa mungkin memiliki sifat anti-ulkus sehingga dapat membantu penyembuhan ulkus atau luka pada lambung.

6. Mengatasi diare

Manfaat Srikaya untuk kesehatan juga dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti pada diare dan disentri akut. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dan zat gizi yang ada di dalam Buah Srikaya dapat memperbaiki kondisi pencernaan.

7. Menurunkan resiko keguguran pada ibu hamil

Srikaya merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu hamil. Karena buah ini mengandung asam folat tinggi yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. (Sumber: Infografis Instagram @ bppsdmp). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: