Ragam Khasiat Daun Antanan yang Baik Untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:22
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 21 Kali
Ragam Khasiat Daun Antanan yang Baik Untuk Kesehatan
Daun Antanan merupakan herbal asli wilayah Asia dan Australia. Daun antanan memiliki nama Latin yaitu Centella Asiatica.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Antanan merupakan herbal asli wilayah Asia dan Australia. Daun antanan memiliki nama Latin yaitu Centella Asiatica.

Di dunia, daun ini dikenal dengan nama gotu kola, sedangkan untuk di Indonesia, daun ini dikenal dengan berbagai macam sebutan seperti di antaranya semanggen dan pegagan.

Di Indonesia, daun antanan banyak yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain itu, secara tradisional daun antanan juga sudah lama digunakan untuk obat berbagai keluhan dan penyakit. "Lihat daun antanan organik disini"

Penelitian Daun Antanan

Di Amerika Serikat dan Eropa, daun ini baru akhir-akhir ini saja banyak menyita perhatian para praktisi kesehatan. Sehingga baru-baru ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh daun antanan ini bisa membantu dalam penyembuhan kesehatan atau bahkan penyakit tertentu.

Padahal, di wilayah seperti Indonesia, India dan Cina, daun yang satu ini sudah banyak dibudidayakan serta sudah banyak digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari daun antanan:

Menangkal Radikal Bebas

Radika bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat sangat membahayakan bagi kesehatan. Jika terus dibiarkan, radikal bebas ini dapat membentuk sel kanker atau pun penyakit berbahaya lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat daun antanan yang dikenal sebagai gotu kola di India juga memiliki fungi untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Selain itu, jika radikal bebas sudah ada yang masuk ke dalam tubuh, kandungan di dalam daun antanan akan membantu mengeluarkan radikal bebas penyebab penyakit tersebut.

Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Daun antanan juga memiliki kandungan yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada bagian dalam tubuh seperti kandung kemih. Zat yang terdapat di dalam daun antanan akan mencegah masuknya kuman atau bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan terganggunya saluran kencing.

Mencegah Penyakit Epilepsi

Daun antanan selain bagus untuk kesehatan kulit, juga baik untuk kesehatan syaraf-syaraf di dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, menemukan jika zat yang terkandung di dalam daun antanan bisa membantu untuk mencegah penyakit gangguan syaraf seperti epilepsi.

Mencegah Penuaan Dini

Anda ingin awet muda? Jika ingin awet muda lebih lama, konsumsi daun antanan adalah salah satu hal yang disarankan untuk menjaga keremajaan kulit. Kandungan di dalam daun ini bisa membantu mempertahankan sel, memperbaiki sel yang rusak bahkan mencegah kerusakan sel. Kulit pun akan tetap terjaga kesehatannya.

Berguna untuk Mengobati Luka

Sebuah yang dilakukan sekitar tahun 2015 menunjukkan jika kandungan di dalam daun antanan dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka pada kulit. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, daun antanan memiliki zat yang disebut asiaticosida. Kegunaan zat ini sendiri dapat membantu proses pembentukan sel baru sehingga menyebabkan luka dapat segera sembuh.

Mencegah Stress

Bagi yang sering menderita stress, bisa mengkonsumsi daun antanan untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gejala stress yang sering dialami. Sebuah penelitian membuktikan jika di dalam daun antanan terdapat kandungan yang bisa mengurangi penyebab stress dan merilekskan kondisi pikiran sebagai dampak dari stress. Selain itu, para peneliti juga menduga jika daun ini dapat pula menjadi obat untuk menyembuhkan stress yang kronis.

Menjaga Kesehatan Hati

Di dalam manfaat daun antanan, terdapat ekstraknya yang dinamakan asiaticoside. Asiaticoside ini sangat berguna untuk melawan kerusakan hati yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Asiaticoside juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengurangi kerusakan pada sel serta membantu memulihkan kembali fungsi hati.

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat mematikan. Bahkan sampai saat ini pun, penyakit yang satu ini belum ditemukan obatnya. Menurut berbagai penelitian, ditemukan bahwa kandungan di dalam daun antanan yang dapat berguna untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Cara kerja daun antanan dalam pencegahan kanker ini adalah dengan menurunkan kadar racun yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dengan memperbaharui sel-sel, dimana sel kanker sedang mulai tumbuh.

Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Hasil dari berbagai penelitian menemukan jika manfaat daun antanan memiliki kandungan suplemen natural untuk mencegah disfungsi kognitif dan bentuk kerusakan syaraf lainnya. Daun antanan juga diperkaya dengan kandungan yang bisa meningkatkan daya ingat.

Mencegah Kerusakan Otak

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Desember 2012 dengan judul ’Neurological Sciences’, Centella Asiatica memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Kerusakan otak yang bisa dicegah dengan manfaat daun antanan yang merupakan kerusakan otak yang disebabkan oleh kerusakan sel.

Dianjurkan untuk mengonsumsi Daun Antanan Organik, agar mendapatkan khasiat yang lebih optimal dan terhindar dari bahaya pestisida.

Catatan Penting!

Ramuan daun antanan secara oral sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil atau ibu menyusui dan penderita penyakit tertentu seperti penderita diabetes.

Mengonsumsi daun antanan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping mual, muntah, rasa ngantuk yang berlebihan bagi beberapa orang. (Sumber Berita: https://kecipir.com/blog/tips-dan-trik/10-manfaat-daun-antanan-bagi-kesehatan/ ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: