Program Orang Tua Angkat MKM Jamu Gendong dan Seduh di Cilacap
Tanggal Posting : Kamis, 16 Desember 2021 | 05:01
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 582 Kali
Program Orang Tua Angkat MKM Jamu Gendong dan Seduh di Cilacap
Dalam kegiatan ini diserahkan bantuan peralatan oleh PPJAI kepada 60 pelaku usaha Jamu Gendong untuk mendukung pengembangan Jamu tanpa Bahan Kimia Obat-BKO.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Sejalan dengan komitmen Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Obat Tradisional di wilayah pengawasannya, Sabtu, 11 Desember 2021, Loka POM di Kabupaten Banyumas bersama dengan Perkumpulan Pelaku Jamu Alami Indonesia (PPJAI) melaksanakan kegiatan Program Orang Tua Angkat Bagi UMKM Jamu Gendong dan Seduh di Desa Karangasem, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kegiatan ini mengangkat tema "Dialog Pengembangan Jamu Nusantara dengan Pemanfaatan IPTEK untuk Mendukung Daya Saing Herbal Nasional dan Program Orang Tua Angkat untuk UMKM Jamu Gendong oleh PPJAI". Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik (PMPU OTSKKOS) dan Kepala Loka POM di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan diikuti oleh ketua dan pengurus PPJAI, 60 pelaku usaha jamu gendong dan seduh di wilayah Kabupaten Cilacap, Dosen peneliti dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kemranjen, Banyumas (sudah menerapkan  pengobatan tradisional menggunakan herbal).

Dalam pertemuan tersebut, diserahkan bantuan peralatan oleh PPJAI kepada 60 pelaku usaha jamu gendong untuk mendukung pengembangan jamu alami tanpa Bahan Kimia Obat (BKO).

"Antara Unsoed dan PPJAI, sudah dibuat perjanjian tekait tindaklanjut uji praklinik terhadap buah maja yang akan dikembangkan sebagai obat tradisional." papar Mukit Hendrayatno, selaku ketua PPJAI.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap pembangunan calon Industri Obat Tradisional (IOT) Tresno Jamu Cilacap dan kunjungan ke IOT Bumi Wijaya, Cilacap dan Herba Wahidatama (HEW), Purbalingga. Kegiatan ini merupakan awal dari pembinaan terhadap pelaku usaha Obat Tradisional di seluruh catchment area Loka POM di Kabupaten Banyumas. (Sumber Berita: https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/24487/Program-Orang-Tua-Angkat-Bagi-UMKM-Jamu-Gendong-dan-Seduh-di-Kabupaten-Cilacap.html). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: