Peresmian Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tradisional Griya Sehat di Kemenkes
Tanggal Posting : Selasa, 13 November 2018 | 06:42
Liputan : Redaksi - Dibaca : 1786 Kali
Peresmian Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tradisional Griya Sehat di Kemenkes
Menkes RI meresmikan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tradisional Griya Sehat di Kemenkes, Jakarta, 12 November 2018.

JamuDigital.Com. Menteri Kesehatan RI., Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K). meresmikan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tradisional Griya Sehat yang berada di Gedung Prof. Dr. Sujudi, Lantai 4, Kementerian Kesehatan Jakarta, pada Senin siang, 12 November 2018.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI., dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS. menjelaskan bahwa peresmian Griya Sehat ini adalah bagian dari kegiatan memperingatan hari Kesehatan Nasional tahun 2018.

Dengan adanya fasilitas ini, maka para karyawan Kementerian Kesehatan dengan mudah memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan tradisional di dalam kantor Kementerian Kesehatan. "Ini adalah sebuah gerakan yang dilakukan Fasyankestrad dalam menerapkan moto: Ayo Hidup Sehat dari Diri Kita Sendiri," urainya dalam sambutannya.

Menteri Kesehatan RI., Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K). mengatakan: "Saya sangat senang, karena adanya Griya Sehat di dalam kantor Kemenkes. Karena dengan adanya Griya Sehat itu dapat membantu karyawan di Kementerian Kesehatan untuk hidup sehat," katanya dalam sambutannya.

Dengan adanya Griya Sehat, lanjut Menkes, dapat menjadi promotif-preventif bagi kesehatan seluruh karyawan. Di dalam fasilitas Griya Sehat terdapat pengobatan tradisional berupa: Akupresure, Akupuntur, Pijat Bayi dan Obat Herbal.

Di Gedung Prof. Dr. Sujudi, Lantai 4 juga terdapat etalase Tanaman Obat, terdapat berbagai macam tumbuhan obat. Kegunaan etalase Tanaman Obat ini sebagai penerapan penghijauan di dalam kantor, berguna sebagai penyejuk, dan tanamannya dapat dikonsumsi menjadi obat herbal. Menteri Kesehatan berpesan agar setiap perkantoran di Jakarta, dapat mempunyai taman seperti apa yang ada di kantor Kementerian Kesehatan.

Peresmian Girya Sehat ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga, dilanjutkan meninjau ruangan Griya Sehat. Jajaran pejabat Kemenkes yang hadir antara lain: drg. Oscar Primadi, MPH (Sekertaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI), dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan), dr. Kirana Pritasari, MQIH (Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat), Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt, M.Biomed (Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan), dr. Siswanto, MPH, DTM (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan), Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt, MARS (Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian), drg. Saraswati, MPH (Direktur Pelayanan Kesehatan Primer), Dr. dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.H.Kes (Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional).

Dr. dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, M.H.Kes (Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional) menjelaskan bahwa Griya Sehat adalah salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tradisional yang sudah ada di dalam peraturan Permenkes No. 15 tahun 2017.

Ini salah satu model, karena Permenkesnya juga baru, maka peraturan model pelayanan kesehatan tradisional harus kita kembangkan dan disosialisasikan. Dan kedepannya, Kemenkes diminta oleh Kementerian lain membuat seperti ini. "Cara hidup sehat dengan preventif tradisional itu mudah dilakukan," kata Dr. Ina Rosalina menjelaskan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: