OMAI Mengangkat Kearifan Lokal
Tanggal Posting : Jumat, 26 Juni 2020 | 06:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 325 Kali
OMAI Mengangkat Kearifan Lokal
Rangkaian Produk OMAI Dexa Medica sukses dipasarkan di pasar nasional, dan sebagian produk tersebut juga sukses dipasarkan di global market.

Indonesia adalah mega-center keragaman hayati dunia, menduduki urutan terkaya kedua di dunia setelah Brazilia. Apabila biota laut disertakan, maka Indonesia menduduki urutan terkaya pertama di dunia. Di bumi Indonesia, hidup sekitar 30.000 spesies tumbuhan, diketahui sekurang-kurangnya 9.600 spesies tumbuhan berkhasiat sebagai obat.

Ada sekitar 400 etnis yang memiliki kekayaan pengetahuan tradisional tentang pemanfaatan tumbuhan untuk memelihara kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Inilah kearifan lokal yang menjadi modal dalam pengembangan obat dari bahan alam.  Penggunaan bahan alam untuk obat merupakan bagian dari budaya bangsa dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak berabad-abad yang lalu.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka pengobatan dari bahan alam secara tradisional tersebut, kini terus diteliti oleh berbagai pihak untuk ditemukan data-data ilmiahnya. Munculah kemudian KOTRANAS- Kebijakan Obat Tradisional Nasional, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI., Nomor: 381/Menkes/SK/III/2007, tanggal 27 Maret 2007.

KOTRANAS diharapkan menjadi landasan, arah dan pedoman dalam pengembangan dan peningkatan obat tradisionai yang bermutu, aman, berkhasiat dan teruji secara ilmiah, serta dalam rangka mengantisipasi berbagai perubahan dan tantangan strategis, dan sejalan dengan Sistem Kesehatan Nasional (SKN), melalui Keputusan Menteri Kesehatan No. 131/Menkes/SK/II/2004.

Sumber daya alam bahan obat merupakan aset nasional yang perlu terus digali, diteliti, dikembangkan dan dioptimalkan pemanfaatannya, sehingga menjadi komoditi yang kompetitif.

OMAI Hadir di Pasar Nasional dan Global

Kisah kehadiraan OMAI Dexa Medica- dimulai tahun 2005, dengan didirikannya Pusat Riset OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS). Ini bentuk strategic intention dari Dexa Medica memberikan kontribusi pengadaan bahan baku obat dari bahan alam Indonesia.

Sejarah terus berlanjut, saat peresmian IEBA (Industri Ekstrak Bahan Alam) DLBS PT.Dexa Medica di Cikarang, pada 20 Agustus 2013- satu kawasan dengan DLBS oleh Menteri Kesehatan RI.  Ada 5 Prinsip Utama IEBA Dexa Medica, yaitu:

  • Memanfaatkan biodiversitas bumi Indonesia,
  • Menggunakan pendekatan Biomolecular Science,
  • Menggunakan pendekatan medical evidence based medicine, 
  • Membangun khazanah Hak Atas Kekayaan Intelektual yang diakui di dunia internasional,
  • Melakukan produksi yang  accomply  dengan Good Manufacturing Practices.

Kini, Pusat Riset OMAI DLBS telah melahirkan rangkain produk OMAI unggulan, antara lain, yaitu: STIMUNO, HerbaKOF, HerbaVOMITZ, HerbaCOLD, HerbaPAIN, Dismeno, Asimor, Disolf, Inlacin, Redacid, yang dipasarkan di dalam negeri dan sebagian produk telah dipasarkan ke luar negeri- sebagai bentuk dukungan ikut berpartisipasi penguatan eknomi nasional dan perolehan devisa negara. *PROGRAM EDUKASI OMAI- OBAT MODERN ASLI INDONESIA.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: