Mengenal Perbedaan 3 Jenis Curcuma
Tanggal Posting : Senin, 25 Januari 2021 | 09:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 258 Kali
Mengenal Perbedaan 3 Jenis Curcuma
Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui perbedaan 3 jenis Curcuma.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Salah satu genus dalam family Zingiberaceae adalah Curcuma, yang terdiri lebih dari 100 spesies. Sekitar 40 - 50 spesies tersebar di kawasan Malaysia, Indo-China, Taiwan,Thailand, hingga Pasifik dan bagian utara Australia.

Karakteristik dari genus Curcuma adalah perennial, batang yang bermodifikasi menjadi rimpang (rhizome), daun menyirip dengan berligula, bunga biseksual, zygomorphic, brecteolus tipis, kelopak tubular, mahkota memanjang dengan warna merah muda hingga ungu. Buah dan biji berbentuk elips.

Jenis Curcuma dapat berkembangbiak dengan cara vegetatif alami melalui pembentukan tunas pada rimpangnya. Curcuma merupakan spesies yang banyak mengandung minyak esensial pada rimpangnya, sehingga rimpang Curcuma banyak dimanfaatkan untuk obat.

Berita Terkait: Kenali Perbedaan Gejala Selesma, Flu Biasa dan COVID-19
Berita Terkait: Informasi Obat Modern Asli Indonesia


Perbedaan jelas nampak pada warna daging rimpang. C. longa (kunyit) berwarna kuning tua, C. aeruginosa (temu hitam) berwarna biru, dan C. heyneana (temu giring) berwarna kuning muda. C aeruginosa (temu hitam) memiliki ukuran rimpang utama yang paling besar disbanding yang lain.

C. longa (kunyit) memiliki aroma yang paling kuat disbanding yang lain, hal tersebut dimungkinkan bahwa kandungan metabolit sekunder rimpang C. longa (kunyit) paling tinggi jika dibnding C. aeruginosa (temu hitam) dan C. heyneana (temu giring).

Curcuma aeruginosa (temu hitam) mengandung amilum, protein, lipid, alkaloid, flavonoid dan tanin. Curcuma heyneana (temu giring) tidak terdeteksi lipid dan tanin, tetapi sangat kaya amilum dan protein. Curcuma longa (kunyit) mengandung amilum, protein serta memiliki kandungan lipid, alkaloid, flavonoid dan tannin yang tinggi. (Sumber: Infografis Instagram LIPI). Redaksi JamuDigital.Com  


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: