Kenali Perbedaan Gejala Selesma, Flu Biasa dan COVID-19
Tanggal Posting : Sabtu, 18 April 2020 | 07:57
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 458 Kali
Kenali Perbedaan Gejala Selesma, Flu Biasa dan COVID-19
Jangan panik, kenali perbedaan gejala selesma, flu biasa dan COVID-19.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Virus Corona masih menjadi pusat perhatian banyak orang. Kekhawatiran terhadap virus yang bisa mengakibatkan kematian ini pun semakin meningkat.

Mulai dari kekhawatiran terhadap penularannya yang tinggi hingga dampaknya yang mematikan jika terinfeksi. Yang juga menjadi kekhawatiran lainnya yaitu gejala dari virus bernama COVID-19 ini yang mirip dengan penyakit selesma atau flu biasa.

Menurut Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, COVID-19 dan influenza mengakibatkan penyakit pernapasan dan menyebar dengan cara yang sama, yakni lewat tetesan kecil atau cairan dari hidung dan mulut dari orang terjangkit.

Berita Terkait: Etika Batuk dan Bersin Tangkal Virus Corona

Berita Terkait: Tips Menggunakan Masker Agar Terhindar dari Virus Corona


Hal tersebut terkadang menimbulkan keraguan dan kurang kewaspadaan bagi mereka yang sedang menderita flu. Apakah mengidap flu biasa, selesma atau bisa jadi merupakan gejala awal infeksi virus Corona. Padahal meski mirip, tapi ada perbedaan antara flu biasa, selesma dan flu karena terjangkit virus Corona. Berikut ini perbedaan Selesma, Flu Biasa dan COVID-19:

Selesma
Selesma merupakan penyakit yang mirip dengan flu. Selesma juga disebabkan oleh infeksi rhinovirus. Selesma merupakan infeksi virus pada hidung dan tenggorokan atas. Selesma memiliki gejala yang lebih ringan dari flu dan tidak mengakibatkan komplikasi penyakit yang lebih parah seperti halnya flu. Beberapa gejala selesma meliputi: Pilek, Bersin, Batuk ringan, Sakit kepala ringan, Hidung tersumbat, Sakit tenggorokan, Sakit kepala, Demam ringan.

Biasanya, penyakit selesma banyak dialami oleh anak-anak usia di bawah 6 tahun. Tetapi orang dewasa juga bisa terserang penyakit ini. Kebanyakan orang sembuh dari penyakit selesma dalam kurun waktu 3-5 hari.

Flu Biasa

Flu biasa terjadi ketika virus (rhinovirus) menyerang saluran pernapasan. Gejala flu biasanya akan muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit. Gejala-gajalanya antara lain: Demam dengan suhu 38 derajat celcius atau lebih, Batuk, Sakit tenggorokan, Sakit kepala,Pilek/hidung tersumbat, Bersin-bersin, Tubuh terasa sakit/menggigil, Merasa kelelahan, Kehilangan selera makan, Sakit perut, mual, muntah hingga diare.

Flu umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-9 hari. Terlebih lagi jika memiliki daya tahan tubuh yang baik, bisa semakin cepat sembuhnya. Biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk beristirahat, serta makan, dan minum air putih yang cukup. Bisa juga disertai dengan mengonsumsi obat flu.

Virus Corona (COVID-19)
Sama seperti rhinovirus yang menjadi penyebab flu dan selesma, Virus Corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Maka orang yang terinfeksi Virus Corona mengalami gejala yang mirip dengan flu. Namun begitu ada perbedaan gejala yang timbul dari infeksi Virus Corona, antara lain: Biasanya diawali demam selama 14 hari setelah kepergian dari daerah terdampak Virus Corona, Infeksi saluran pernapasan, Sulit bernapas, Batuk kering, Pilek/bersin, Tubuh merasa lemas.

Pasien COVID-19 bisa juga mengalami gejala lain, seperti nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, diare, mual dan muntah. Pada kasus yang parah, infeksi COVID-19 bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) berat, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Sampai saat ini, belum ditemukan pengobatan atau vaksin yang benar-benar mampu mengatasi infeksi COVID-19. Namun, gejala infeksi Virus Corona yang seperti flu biasa dapat diringankan dengan obat flu. Juga disertai dengan upaya meningkatkan system kekebalan tubuh. (Sumber Berita: Infografis Kementerian Sosial Republik Indonesia). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: