Mengenal Manfaat Bunga Rosela
Tanggal Posting : Rabu, 7 Oktober 2020 | 11:00
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 2636 Kali
Mengenal Manfaat Bunga Rosela
Bunga Rosela bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh manusia yang dapat mengurangi radikal bebas dan memiliki kemampuan antihipertensi.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Rosela yang memiliki nama latin (Hibiscussabdariffa Linn) merupakan tanaman yang menarik dan indah. Daunnya yang berwarna hijau gelap sangat kontras dengan batang dan kelopaknya yang berwarna merah menyala. Rosela merupakan herba tahunan.

Tanaman ini memiliki batang bulat tegak, berkayu, dan berwarna merah, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur, pertulangan menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi, dan pangkal berlekuk serta tangkai daun bulat berwarna hijau.

Dua varietas yang paling terkenal adalah sabdariffa dan altissima Webster. Varietas sabdariffa mempunyai kelopak bunga yang dapat dimakan, berwarna merah atau kuning pucat dan kurang banyak mengandung serat. Terkenal dengan sebutan rosela merah.

Sementara itu, varietas altissima Webster sengaja ditanam untuk mendapatkan seratnya karena kandungan seratnya memang tinggi. Rosela merupakan tanaman semusim dengan satu kali masa produksi.

Manfaatnya sangat beragam. Bagian terpenting yang digunakan adalah kelopak bunganya. Bagian ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti sirop, selai, atau tambahan pada puding.

Selain itu, kelopak bunga rosela bermanfaat sebagai antioksidan karena kandungan vitamin C (asam askorbat) antosianin, serat dan protein. Biji rosela dapat dijadikan minuman kesehatan, seperti kopi dengan rasa yang khas dan nikmat.

Perbanyakan tanaman rosela adalah dengan menggunakan bijinya yang sudah tua. Setelah biji disemaikan, dalam waktu dua minggu rosela sudah tumbuh dengan ketinggian tanaman 10 cm. Tiga bulan kemudian rosela akan berbunga dan pada bulan keempat sudah bisa dipanen.

Berita Terkait: Manfaat Teh Daun Gambir

Berita Terkait: Holding BUMN Farmasi Harus Miliki Value Creation


Sifat dan Khasiat

Rosela merupakan sumber penting untuk vitamin, mineral dan komponen bioaktif seperti asam organik, phytosterol, dan polyphenol, beberapa diantaranya sifat antioksidan bagi tubuh manusia yang dapat mengurangi radikal bebas dan memiliki kemampuan antihipertensi. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk pencegahan penyakit.

Secara tradisional, tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi batuk, lesu, demam, dan gusi berdarah. Ekstrak kuncup bunga rosela merah juga dipercaya mampu bekerja sebagai penahan kekejangan (antispasmodik), antidiabetic, antikolesterol, dan antibakteria. Khasiat lain dari herba ini sebagai antiseptik, mengatasi lemah syahwat, penyejuk (astringent), dan menurunkan kadar penyerapan alkohol.

Selain mengandung vitamin C, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Di samping itu, rosela juga mengandung protein, kalsium, dan unsur-unsur lain yang berguna bagi tubuh.

Kelopak bunga rosela juga bermanfaat mencegah penyakit kanker, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, mencegah penuaan dini, melangsingkan tubuh, mencegah keropos tulang, dan melancarkan buang air besar.

Cara Pemakaian
Rosela banyak diolah menjadi sirop atau dikeringkan untuk dibuat teh rosela. Untuk membuat teh rosela untuk pengobatan dengan cara:

  • Masukkan 3-5 helai atau 2 sendok makan bunga rosela ke dalam 1 cangkir air hangat.
  • Diamkan selama 5-10 menit sampai air berwarna merah tua, lalu aduk. Lebih nikmat jika ditambah madu murni.
  • Teh rosela siap diminum. Jangan buang ampasnya, masih dapat dipakai untuk segelas lagi atau bisa dikonsumsi.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 38-39). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: