Khasiat Keladi Tikus Suportif Obati Kanker
Tanggal Posting : Rabu, 10 Maret 2021 | 09:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1718 Kali
Khasiat Keladi Tikus Suportif Obati Kanker
Senyawa aktif fitol yang terdapat di Keladi Tikus dipercaya dapat membunuh sel kanker.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Salah satu khasiat Keladi Tikus yang cukup populer adalah sebagai suportif obati kanker. Keladi Tikus adalah salah satu tanaman asli dari Indonesia yang memiliki banyak khasiat di bidang kesehatan. Meski begitu, sebagian besar orang menganggap tanaman yang memiliki nama latin Typhonium flagelliforme ini sebagai tanaman hias.

Keladi Tikus dibeberapa daerah dikenal dengan bira kecil, daun panta susu, kalamayong, ileus, kibabi, trenggiling mentik. Keladi Tikus salah satu jenis tanaman obat yang merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak ditemui di pulau Jawa dan tumbuh dengan baik pada ketinggian 1-300 m di atas permukaan laut.

Keladi Tikus termasuk golongan herba yang bentuknya menyerupai talas tumbuh berumpun di alam bebas pada tanah gembur, lembab dan teduh. Di pulau Jawa Keladi Tikus banyak ditemukan di hampir semua tempat baik datarantinggi maupun dataran rendah.

Pada tanaman yang masih kecil daunnya biasanya berbentuk bulat sedikit lonjong. Daun berikutnya mulai meruncing seperti daun talas. Keladi Tikus yang sudah tua daunnya hijau halus berujung runcing menyerupai anak panah. Bunga berwarna putih kekuningan dan kelopaknya menyerupai ekor tikus.

Akarnya berwarna putih membesar membentuk umbi. Tinggi tanaman dewasa 10-20 cm (yang berkualitas bagus) dengan berat 10-20 gram setiap rumpun. Umbi Keladi Tikus berbentuk bulat lonjong. Untuk tanaman dewasa yang siap digunakan diameter umbi antara 1-2 cm.

Adapun kandungan kimia dari Keladi Tikus adalah alkaloid, saponin, steroid dan glikosida. Namun belum diketahui bahan aktif yang spesifik pada keladi tikus yang berperan dalam menyembuhkan penyakit kanker.

Senyawa aktif lainnya ialah fitol, asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, koniferin, beta-sitosterol, beta-daukosterol, serebrosida, asam laurat, dan asam kaprat. Menurut dari uji praklinik, fitol dalam Keladi Tikus merangsang proses bunuh diri sel kanker. Keladi Tikus menghambat perkembangan sel kanker dengan cara memotong DNA sel kanker.

Kandungan beberapa jenis asam lemak seperti asam laurat dan asamkaprat menyebabkan Keladi Tikus juga bersifat antibakteri. Efek farmakologi inilah yang menjadi obat utama untuk mengatasi kanker stadium lanjut.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah keseluruhan dari tanaman tersebut. Mulai dari akar (umbi), batang, daun hingga bunga. Efek tersebut akan bertambah baik bila diberikan bersama-sama dengan tanaman lainnya, seperti sambiloto, rumput mutiara dan temu putih.

Dosis dan Cara Pembuatan:
3 x 1 sachet (3 g serbuk)/hari, rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. (Sumber: Formularium Obat Herbal Asli Indonesia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 107-106). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: