Khasiat Daun Sembukan Melegakan Saluran Pernapasan
Tanggal Posting : Senin, 1 Maret 2021 | 09:46
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 458 Kali
Khasiat Daun Sembukan Melegakan Saluran Pernapasan
Daun Sembukan yang berkhasiat melegakan saluran pernapasan, memiliki kandungan kimia paederosida, glikosida iridiod, paederenin, sitosterol, stigmasterol, dan alkaloid.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Siapa yang menduga jika manfaat Daun Sembukan begitu besar untuk kesehatan tubuh. Daun Sembukan yang baunya busuk seperti kentut ini ternyata menyimpan keutamaan yang besar untuk manusia. Bahkan daun ini sudah lama dijadikan obat herbal untuk melegakan saluran pernapasan.

Sembukan (Paederiae Foetidae Folium) juga dikenal dengan sebutan daun kentut, sembukan (Sumatera), kasembukan, kasembhukan, kasembuhan, (Jawa), kahitutan (Sunda), bintaos (Madura), dan Guni siki (Ternate).

Daun Sembukan merupakan Tumbuhan berhabitus semak, memanjat, dapat mengeluarkan bau busuk yang kuat ketika diremas. Batang membelit ke kanan pada batang tumbuhan lain. Daun tunggal, bertangkai, duduk berkarang atau tersebar, helaian daun berhadapan, berbentuk bulat telur-bulat memanjang atau lanset.

Pangkal daun berbentuk jantung, membulat, atau tumpul, ujung daun runcing atau meruncing, tepi daun rata, panjangnya 3-12,5 cm dan lebar 2-7 cm, permukaan atas berambut atau gundul dan berwarna coklat kehitaman, permukaan bawah berwarna kelabu kecoklatan dan berambut halus, rapat dan jarang.

Tulang daun menyirip dengan permukaan bawah lebih menonjol daripada permukaan atas, panjang tangkai daun 1-5 cm, daun penumpu interpetiolaris berhadapan, berbentuk segitiga lebar, tepi rata, mudah gugur. Bunga tersusun majemuk malai, agak rapat, keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan sepanjang 6-18 cm; mahkota bunga panjangnya 12-16 mm.

Bagian dalam berwarna ungu, bagian luar berwarna putih, biasanya diliputi rambut dengan lobus yang pendek, tepi rapuh, gundul; kelopak bergigi nyata, berbentuk segitiga. Puncaknya dihiasi dengan bunga berbentuk kerucut, kelopak dengan lobus.

Benang sari tersisip pada ketinggian yang berbeda. Putik memiliki bakal buah 2 ruang, setiap ruang 1 bakal biji, kepala putik 2, bentuk rambut panjang saling membelit. Buah berbentuk membulat, mengkilat, berwarna merah muda kekuningan, panjang 4-6 mm, pyrenes membulat, tanpa sayap, ramping.

Daun Sembukan memiliki kandungan kimia paederosida, glikosida iridiod, paederolon, paederon, paederin, paederenin, sitosterol, stigmasterol, alkaloid, karbohidrat, protein, asam amino dan minyak.

Efek farmakologi Daun Sembukan, setelah uji aktivitas antitusif ekstrak etanol herba Sembukan dosis 200 mg/ kg BB peroral pada kucing yang distimulasi secara mekanik pada saluran pernapasan laryngopharyngeal (LP) dan tracheobronchial (TB) menunjukkan efek penekanan batuk sebesar25,3%, berupa penurunan signifikan (p<0,05) pada intensitas dan frekuensi batuk dari kedua saluran.

Penyiapan dan Dosis: Dosis per oral 200 mg/kg berat badan dilarutkan dalam air. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Enam Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2011, Halaman: 47-49). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: