Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tanggal Posting : Rabu, 24 Februari 2021 | 16:31
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 654 Kali
Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Meskipun rasanya asam, air perasaan jeruk Lemon memiliki khasiat memperbaiki luka lambung akibat penyakit ulcus lambung.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Buah Lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Mengkonsumsi rutin perasan buah Lemon, dianjurkan karena antara lain kandungan antioksidannya sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Demikian disampaikan oleh dr. Rianti Maharani, M.Si (Herbal Medik), Pengurus Perkumpulan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) kepada Redaksi JamuDigital.Com.

Buah Lemon (Citrus Limon (L.) Burm. F) adalah marga Citrus dari suku Rutaceae atau jeruk-jerukan merupakan buah yang sekarang digemari oleh masyarakat Indonesia, karena kesegarannya dan beragam manfaatnya.

Meskipun memililiki rasa yang pada umumnya asam, buah Lemon ini banyak diolah untuk berbagai hidangan minuman dan makanan. "Rasa asam yang terdapat pada sari buah Lemon ini dikarenakan kandungan asam sitratnya sebanyak 5%, sehingga memberikan rasa asam yang khas dan memiliki PH sekitar 2-3," urai dr. Rianti Maharani, M.Si. menambahkan.

Kandungan Kimia Jeruk Lemon diantaranya: Flavanoid, limonen, tannin, vitamin C, A, B1, dan P, juga mineral (Kalium, magnesium). Selain kandungan kimia tersebut buah Lemon juga memiliki kandungan gizi esensial diantaranya: karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat (Ariyani 2017).

Lemon telah dikenal oleh masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam khasiat. Buah Lemon biasa digunakan sebagai bahan untuk diperas dan diambil sari buahnya untuk pembuatan minuman. Dalam pengobatan tradisional, air perasaan Lemon dapat ditambahkan dengan madu untuk mengurangi demam, asam lambung, radang sendi, membasmi kuman pada luka dan menyembuhkan sariawan.

Sedangkan berdasarkan bukti ilmiah dari perasaan buah Lemon, dari kandungan metabolit sekunder pada buah Lemon berupa tanin, flavanoid, polifenol dan alkaloid tersebut, menurut penelitian (Ariyani, 2017) air perasan jeruk Lemon menghambat pertumbuhan bakteri, yakni bakteri Staphylococcus Aureus.

Adapun mekanisme dari Flavanoid tersebut adalah mengganggu aktivitas transpeptidase peptidoglikan sehingga pembentukan dinding sel terganggu dan sel mengalami lisis. Infeksi bakteri Staphylococcus Aureus itu sendiri menyebabkan penyakit yang berbahaya diantaranya: pnemonia, meningitis, endokarditis dan lain sebagaimanya.

Bahkan beberapa tahun terakhir bakteri ini menunjukan resistensi terhadap antibakteri yang biasa digunakan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut air perasan jeruk lemon dapat dikonsumsi sebagai antibakteri alami untuk membantu penyembuhan infeksi akibat bakteri Staphylococcus Aureus.

Penelitian lain Khasiat air perasan jeruk lemon sebagai antibakteri juga terbukti memiliki aktivitas antibakteri Propionibacterium acnes, dimana merupakan penyebab jerawat yang seringkali meresahkan kaum perempuan maupun laki-laki karena menimbulkan rasa tidak nyaman pada wajah.

Bakteri ini menghasilkan lipase yang membebaskan asam lemak bebas dari lemak yang ada di area kulit, sehingga menjadi pencetus terjadinya jerawat. Selain itu, bakteri ini menyebabkan jerawat dengan meningkatkan jumlah protein yang dihasilkan tubuh ketika stress dan ketika terkena cahaya (Yeni Indriani, Lanny Mulqie 2015).

Tidak banyak orang tahu bahwa kandungan asam sitrat dalam air perasaan jeruk Lemon dapat berfungsi sebagai kelator logam, membentuk kompleks asam sitrat- buah Lemon dengan logam dalam daging ikan, sehingga kandungan logam dalam ikan akan berkurang.

Logam berat masuk kedalam jaringan tubuh organisme sebagian besar melalui rantai makanan. Apabila organisme seperti ikan terpapar logam berat akan terakumulasi pada organ vital, akumulasi tersebut akan berdampak pada rantai makanan sehingga mempengaruhi kesehatan manusia dan mnejadi tidak aman untuk mengkonsumsi. Hal ini dapat dicegah dengan hanya menambahkan perasan air Lemon pada ikan yang akan kita konsumsi (Harisman et al. 2017).

Meskipun rasanya yang asam, air perasaan jeruk Lemon ternyata terbukti memiliki khasiat memperbaiki luka pada lambung akibat penyakit ulcus lambung, uji efektivitas ini dibuktikan oleh (Adawiyah 2017) yang berhasil membuktikan air perasaan jeruk Lemon dapat mencegah kerusakan mukosa lambung pada hewan coba tikusyang sebelumnya diinduksi aspirin.

Vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam air perasaan buah Lemon ternyata memiliki daya analgesik antinyeri yang cukup baik. Vitamin C diketahui memiliki aktivitas sebagai antioksidan. Adanya antioksidan ini, radikal bebas yang dibebaskan setelah terjadi kerusakan sel akan diikat oleh vitamin C, sehingga prostaglandin dan Leukotrien tidak terbentuk,  dr. Rianti Maharani, M.Si menuturkan.

Hal ini menyebabkan sari buah jeruk Lemon dapat mengurangi rasa nyeri karena menghambat pembentukan mediator-mediator nyeri (Wijaya 2008).

LEMORAS: Perpaduan Perasaan Lemon & Madu

Saat ini dalam memenuhi kebutuhan akan khasiat herbal dari bahan alam, masyarakat Indonesia dimanjakan dengan produk-produk yang siap minum dan praktis untuk dikonsumsi. Menyadari akan manfaat dari air perasaan Lemon, masyarakat kembali gemar mengkonsumsi setiap hari.

Untuk menjaga daya tahan tubuh atau terapi penyakit-penyakit tertentu diantaranya yang banyak dialami yakni sakit maag. Tidak hanya itu untuk keperluan kecantikan air perasaan Lemon juga bermanfaat untuk atasi jerawat yang membandel.

Baru-baru ini, PT. Batrisyia Herbal- perusahaan herbal yang fokus pada produk-produk kesehatan dan kecantikan mengeluarkan produk yang bernama Lemoras.  Merupakan perpaduan yang pas antara air perasaan lemon dan madu yang dioleh secara modern dan hiegienis untuk mencukupi permintaan masyarakat yang tinggi teradapat produk olahan Lemon.

Lemon yang biasanya harus diiris kemudian diperas, lumayan cukup merepotkan karena tidak dapat diminum dimana saja dan tidak tahan lama disimpan. Kita dapat menikmati dalam sebuah botol minuman yang sudah tersajikan dengan madu, sehingga tidak perlu khawatir terlalu asam ketika dilambung. Dalam sekali sajian, mendapatkan khasiat dari air perasaan Lemon dan juga madu.

Air perasaan Lemon sendiri sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, baik itu secara empiris maupun terbukti secara ilmiah. Dalam peniltian-penelitian diseutkan air perasaan lemon diketahui memiliki aktivitas antibakteri, antinyeri, antijerawat, dan sumber vitamin C, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Madu, terbukti kaya akan kandungan nutrisi, diantaranya: glukosa, fruktosa, sukrosa, protein, asam amino, karoten, vitamin dan mineral esensial, Vitamin A, B kompleks, C,dan D. Dan Madu juga merupakan sumber energi yang merupakan nutisi alami sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang, sehingga perpaduan minuman ini bagus untuk pengelolaan berat badan selain itu menimbulkan kesegaran dan kebugaran pada badan. Selain itu khasiat antioksidan yang terkandung dalam air perasaan lemon dan madu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan kecantikan tubuh.

Produk Lemoras dari Batrisyia Herbal dipasarkan/dapat diperoleh di Mitra Agen Batrisyia Herbal yang tersebar di seluruh Indonesia. *Artikel ini kerjasama Redaksi JamuDigital.Com. dengan Panitia PIT PDHMI 2021.

Daftar Pustaka

  • Adawiyah, K., 2017. Uji Efektivitas Air Perasan Jeruk Lemon (Citrus Limon) Terhadap Gambaran histopatologi Ulkus Lambung Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar Yang Diinduksi Aspirin, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
  • Ariyani, I.D., 2017. Gambaran Air Perasan Jeruk Lemon (Citrus Limon (L.) Burm. F.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan insan Cendekia Medika.
  • Harisman, H.M. et al., 2017. Efektivitas Air Perasan Buah Lemon (Citrus Limon) Terhadap Penurunan Kadar Timbal ( Pb ) Pada Daging Ikan Nila Hitam (Oreochromis Nilaticus ). Universitas AL-Ghifari.
  • Wijaya, Y.A., 2008. Daya Analgesik Sari Buah Jeruk Lemon (Citrus Limon (L.) Burm. F.) Pada Mencit Putih Betina, Universitas Sanata Dharma.
  • Yeni Indriani, Lanny Mulqie, S.H., 2015. Uji Aktivitas Antibakteri Air Perasan Buah Jeruk Lemon, Universitas Islam Bandung.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: