Kajian Filologi Kitab Kuno Pengobatan dari Jawa
Tanggal Posting : Sabtu, 20 April 2019 | 00:19
Liputan : Redaksi - Dibaca : 496 Kali
Kajian Filologi Kitab Kuno Pengobatan dari Jawa
Ki Supriyatna sedang menyampaikan materi Kajian Filologi Kitab Kuno Pengobatan dari Jawa

JamuDigital.Com. Pengertian-pengertian sifat manusia yang tergambarkan pada nama-nama 12 (dua belas) tembang tercermin sebagai berikut :

  1. Proses kelahiran bayi dari sejak lahir sampai menjelang remaja: Mijil, Maskumambang, Kinanti
  2. Proses kehidupan remaja: Sinom, Dandanggula, Asmarandana, Durmo, Gambuh
  3. Sedangkan proses kehidupan orang-orang tua sampai dengan saatnya meninggal dunia: Pangkur, Megatruh, Pucung, Wirangrong

Maka jika diamati nama tembang " macapat " secara filosofi berarti maca + sifat (membaca sifat), merupakan tembang (kidung) kehidupan manusia dari lahir, hidup dan mati.

Demikian Ki Supriyatna memaparkan presentasinya berjudul: Kajian Filologi Kitab Kuno Pengobatan dari Jawa pada acara "Penyusunan Batang Tubuh Keilmuan PPUIN" di Rumah Diklat Iptek Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Tawangmangu, Jawa Tengah, pada 14 April 2019.

Sejumlah pembicara yang kompeten tampil pada acara yang digelar oleh Perkumpulan PARICARA USADA INDONESIA (PPUIN) yang berlangsung dua hari (14-15 April 2019) ini, yaitu:

  • Akhmad Saikhu, SKM, MSc.PH.: Ristoja Riset Berbasis Etnografi.
  • dr. Ingrid Tania, M.Si. (Herbal Medik): Filosofi dan Kajian Epistemologis Pengobatan Tradisional Indonesia
  • Ki Supriyatna: Kajian Filologi Kitab Kuno Pengobatan dari Jawa
  • Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt: Kapita Selekta Etnomedisin Indonesia
  • Prof. Dr. Rusmin Tumanggor: Kajian Antropologis Pengobatan Tradisional Indonesia
  • dr. Danang Ardianto: Kajian Hasil Klinis Jamu Berdasarkan Parameter Kualitatif Pasien

Pada intinya, paparan Ki Supriyatna ini menjelaskan bahwa Dalam Kerja Filologi begitu banyak tahapan yang harus dilalui sehingga menghasilkan suatu produk Filologi yang dapat dimanfaatkan berbagai bidang mulai dari kebudayaan, sastra, seni, linguistik dan sebagainya.

Dari hasil kerja filologi inilah masyarakat dapat memanfaatkan informasi yang terkandung di dalam Manuskrip atau naskah-naskah kuno peninggalan nenek moyang Nusantara ini. Tidak terkecuali dalam pengobatan Tradisional, khususnya di Jawa.

Begitu banyak peninggalan naskah Jawa yang belum tergarap serius, untuk mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan Pengobatan Tradisional Jawa. Sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Informasi tentang Pengobatan Jawa yang terdapat dalam Naskah Jawa masih bertebaran baik dalam bentuk Naskah Utuh yang khusus membahas tentang pengobatan Jawa atau Naskah Umum yang terdapat dalam Primbon, Piwulang dan Suluk dalam Naskah Jawa, yang didalamnya memuat informasi tentang pengobatan Jawa.

Kedepannya sangat diharapkan adanya tindak lanjut dengan membentuk Tim khusus yang dapat menginventarisir naskah-naskah Jawa yang mengandung informasi dan ajaran tentang pengobatan Tradisional Jawa.

Sehingga dapat diakses sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, yang membutuhkan dalam pengembangan pengobatan Tradisonal Jawa secara khusus dan pengobatan Tradisional Indonesia secara umum. Redaksi JamuDigital.Com.

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: