Balittro Gencarkan Bimtek Budidaya Serai Wangi
Tanggal Posting : Kamis, 11 Maret 2021 | 09:12
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 430 Kali
Balittro Gencarkan Bimtek Budidaya Serai Wangi
Kepala Sub Tata Usaha Balittro, Mulayawan, S.E, memberikan cenderamata kepada Oman Haryanto selaku Kepala Desa dan Perwakilan Gugus COVID-19 Desa Cikahuripan, Rabu, 10 Maret 2021.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melalui Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Manoko menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya Tunai (PKT/Cash for Work).

Acara dibuka oleh Kepala Balittro yang diwakili oleh Kepala Sub Tata Usaha Balittro Mulayawan, S.E, didampingi oleh Kepala IP2TP Manoko Jajat Darajat. S.P dan Tim pelaksana lapang Balittro. Kegiatan ini dihadiri 80 orang masyarakat sekitar IP2TP Manoko yang berasal dari berbagai profesi diantaranya buruh tani, buruh harian, Ibu rumah tangga, pedagang, dan lain-lain, sesuai KTP terdaftar.

Dalam sambutannya Mulyawan, S.E, menyampaikan rasa terimakasih atas partisipasi masyarakat Desa Cikahuripan yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Bimtek Padat Karya dengan tema “Budidaya Tanaman Serai Wangi” pada hari ini Rabu 10 Maret 2021.

Ia menambahkan, bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya ini merupakan program nasional dari Kementerian Pertanian dengan target pesertanya adalah masyarakat sekita lingkup Kementerian Pertanian khususnya masyarakat sekitar IP2TP Manoko yang terdapak Covid 19.

Selain itu Bimtek Padat Karya ini merupakan sumbangsi Balittro dalam menyampaikan teknologi pertanian yang telah dihasilkan oleh Kementerian Pertanian kepada masyarakat umum. “Ujar Mulyawan.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya Hari ini dihadiri pula oleh Bapak Oman Haryanto selaku Kepala Desa dan Perwakilan Gugus COVID-19 Desa Cikahuripan. Pada kesempatanya Oman Haryanto mengatakan Desa sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan Bimtek Padat Karya ini selain masyarakat mendapatkan bantuan finansial.

Masyarakat juga mendapat pengetahuan baru mengenai tanaman serai wangi, sebab selain menghasilkan minyak atsiri ternyata limbah serai wangi dapat juga dijadikan sebagai pakan untuk ternak.

Kondisi masyarakat di Desa Cikahuripan saat ini kurang lebih terdapat 60% yang terdampak COVID-19 dimana yang biasanya mereka bekerja baik tetapi sekarang mereka harus kehilangan pekerjaannya. Dengan adanya kegaitan ini masyarakat Desa Cikahuripan sangat terbantu semoga acara bimtek Padat Karya seperti dapat terlaksana Kembali. “Pungkasnya.

Harapannya masyarakat dapat ikut menjaga dan perduli terhadap keberadaan aset negara diantaranya terhadap koleksi plasma nutfah, Barang miliki negara yang berada di area IP2TP Manoko. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa empati masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan disekita IP2TP Manoko. (Sumber: http://balittro.litbang.pertanian.go.id/?p=8558).


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: