Penguatan Implementasi Flagship Bahan Baku Obat
Tanggal Posting : Sabtu, 21 November 2020 | 07:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 75 Kali
Penguatan Implementasi Flagship Bahan Baku Obat
Kepala BPPT, Hammam Riza pada saat FGD Memperkuat Ekosistem Inovasi Pembangunan Industri Bahan Baku Obat Nasional, 19 November 2020.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. BPPT perlu melakukan penguatan kesehatan nasional, yang menjadi sektor utama dan prioritas dalam pembangunan nasional. Namun, untuk mandiri di bidang kesehatan, kita harus mengurangi impor ketersediaan Bahan Baku Obat (BBO).

Komitmen pemerintah dalam upaya menuju kemandirian BBO sudah banyak dituangkan dalam berbagai regulasi. Tugas kita untuk merumuskan aksi nyata menguasai teknologi, dan menerapkannya secara riil menjadi sebuah inovasi, untuk membangun industri dalam negeri dan mengurangi impor BBO.

Melalui program flagship BBO dalam mengurangi ketergantungan impor, BPPT akan terus memperkuat peran perekayasaan, kliring teknologi, intermediasi, hilirisasi dan komersialisasi untuk terbangunnya dan beroperasinya industri bahan baku obat dalam negeri.

Teknologi yang mutakhir dan pendampingan regulasi yang sangat ketat menjadi salah satu faktor penting. Namun butuh juga sinergi fungsi dengan berbagai pihak yang terdiri dari MultiHelix untuk membangun ekosistem inovasi dalam hal industri BBO dalam negeri yang tangguh.

Industri BBO tidak bisa berdiri sendiri. Perlu dukungan industri kimia hulu dan industri antara atau industri pendukung lainnya. Termaksud, kematangan konsep pembangunan industri BBO, kajian kesiapan industri hulu, kesiapan rantai pasok dan kesiapan teknologi serta kesiapan pasar.

Berita Terkait: Pengembangan OMAI dengan Inovasi Teknologi 

Berita Terkait: Kepala Badan POM, Pengembangan OMAI di Pelayanan Kesehatan  

Komitmen Pemerintah (Regulasi & Kebijakan). UU 36/2009: Kesehatan, UU 3/2014: Perindustrian, Permenkes 87/2013: Roadmap BBO, Permenkes 17/2017: Rencana Aksi Pengembangan Industri Farmasi & Alkes, Inpres 6/2016: Percepatan Pengembangan Industri Farmasi & Alkes, Paket Kebijakan Ekonomi 11/2016 dan 16/2018 (penguatan investasi), Permenperin 16/2020 Perhitungan Nilai TKDN Produk Farmasi, PMK 153/2020 Supertax Deducation. Tinggal bagaimana penguatan implementasinya.

Demikian disampaikan oleh Kepala BPPT, Hammam Riza pada saat "FGD Memperkuat Ekosistem Inovasi Pembangunan Industri Bahan Baku Obat Nasional", 19 November 2020. Redaksi JamuDIgital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: