Gelaran Smart Class ISMAFARSI 2022
Tanggal Posting : Senin, 6 Juni 2022 | 11:17
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 77 Kali
Gelaran Smart Class ISMAFARSI 2022
Mahasiswa farmasi dapat mengetahui pentingnya literasi digital, Membentuk karakter mahasiswa yang kritis akan informasi.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) akan mengadakan "Digital Literacy for Pharmacist Transformation" pada tanggal 8, 15, 22, dan 29 Mei 2022.

Kegiatan yang dikemas sebagai SMART CLASS ISMAFARSI (SCI) ini, bertujuan agar: Mahasiswa farmasi dapat mengetahui pentingnya literasi digital, Membentuk karakter mahasiswa yang kritis akan informasi.

Mahasiswa dapat mengelola informasi menjadi suatu data yang akurat yang akan disebarluaskan kepada masyarakat, dan Membentuk sebuah tim khusus siber ISMAFARSI.

Kegiatan ini merupakan salah satu program ISMAFARSI yang dikoordinatori oleh Staf Ahli Nasional Potensial Management Periode 2020- 2022 bersama dengan seluruh BPH Nasional, BPH Wilayah, Tim SA Nasional, dan Tim SA wilayah ISMAFARSI.

Target peserta dari kegiatan SCI ini adalah para mahasiswa S1 Farmasi di seluruh Indonesia.

1.Founder JamuDigital.Com dan ObatNews.Com Sebagai Narsum

Salah satu narasumber yang akan tampil adalah: Karyanto, alumni Farmasi UGM (1990), Founder JamuDigital.Com (2017) dan ObatNews.Com (2022).

Karyanto akan mengulas tema: "Membuat Literasi Digital Kesehatan yang Bijak." Mantan aktivis pers mahasiswa di UGM ini, akan menjabarkan pengalamannya dalam menyusun Strategi membuat media siber (Literasi Digital).

Dan hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat media Digital bidang Kesehatan, serta memaparkan pengalaman membuat media edukasi digital.

Mahasiswa farmasi di seluruh indonesia perlu untuk menambah pengetahuan di luar ilmu kefarmasian, misalnya mengembangkan softskill di bidang komunikasi. Sebab kompetensi ini dapat menjadi bekal para mahasiswa farmasi kelak, saat menghadapi dunia kerja yang semakin komptetitif.

2.Apoteker dan Komunikasi Publik

Apoteker harus mampu menjalankan interpersonal commucation yang menghubungkan antara dokter, pasien, dan para profesional perawatan kesehatan lainnya.

Apoteker harus memiliki pengetahuan yang lengkap tentang semua obat-obatan yang ter- update dan memiliki kepercayaan diri, saat berkomunikasi dengan profesional perawatan kesehatan dan masyarakat.

Apoteker harus memiliki kemampuan komunikasi kepada pasien yang efektif dan dapat membantunya memberikan pelayanan farmasi yang lebih baik kepada masyarakat dengan mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pasien.

Dalam upaya membagun peran tersebut harus ada medium yang dapat mempersiapkan calon-calon apoteker muda, agar dapat memberikan informasi terbaik dan valid kepada masyarakat.

Program SCI ini akan sangat membatu para mahasiswa dalam melatih skillnya tentu dengan implementasi nyata berupa wadah atau platform yang dirancang menjadi suatau kanal besar informasi terpercaya untuk mengedukasi.

3. Sekilas ISMAFARSI

ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) adalah organisasi yang terdiri dari Lembaga Eksekutif Mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia dan merupakan organisasi intra perguruan tinggi yang berbasis keprofesian dan berorientasi pada keilmuan (SK DIKTI No. 974/D5.2/T/2007 dan SK).

Tujuannya untuk menyatukan opini dan ajang silaturahmi mahasiswa farmasi, sekaligus sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan yang merepresentasikan mahasiswa farmasi di Indonesia (SK IAI No. 038/SKET/PP.IAI/XI/2013).

Terhitung semenjak pertama kali dibentuk pada tahun 1955, kini ISMAFARSI beranggotakan 101 Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) farmasi di seluruh nusantara dengan sumber daya manusia yang luar biasa dan sesuai dengan usaha-usaha yang ingin dilakukan, salah satunya ikut serta secara aktif dalam mengembangkan daya penalaran, keahlian, keterampilan, kreativitas mahasiswa yang berkaitan dengan keilmuan.

Untuk itu kita memerlukan suatu wadah pelatihan yang dapat memfasilitasi semua mahasiswa farmasi S1 di Indonesia sebagai calon-calon Apoteker muda nantinya. (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/figure/pr-4463341325/digital-literacy-for-pharmacist-transformation-gelaran-smart-class-ismafarsi-2022?page=3 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: