Kenali Arti CT Value Hasil PCR COVID-19
Tanggal Posting : Kamis, 8 Juli 2021 | 08:29
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 353 Kali
Kenali Arti CT Value Hasil PCR COVID-19
Berikut ini cara mengenali arti CT Value hasil PCR COVID-19.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ada beberapa hal yang perlu dipahami mengenai nilai CT (CT Value) agar penanganan kasus COVID-19 dapat berjalan optimal. Walau CT value dari hasil tes PCR sudah diatas 35, tetap harus kita konsultasikan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

CT Value bukan prediktor tunggal yang menentukan derajat keparahan, jumlah virus dan apakah seseorang masih bisa menularkan COVID-19 atau tidak. Sebab tinggi rendahnya CT Value bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah arti CT Value hasil PCR COVID-19 yang diunggah dalam akun Instagram @farmalkes. CT Value merupakan perkiraan jumlah materi genetic (RNA) virus yang didapatkan dari hasil swab.

Semakin tinggi CT Value berarti semakin rendah jumlah RNA virus yang didapat pada swab. Sedangkan semakin rendah CT Value berarti semakin tinggi jumlah RNA virus yang didapat pada swab. Bila CT Value melebihi angka tertentu (cut off 35-40, tergantung alat) maka hasil PCR dianggap negatif.

CT Value tidak dapat digunakan sebagai prediktor tunggal untuk menentukan: Jumlah virus penyebab COVID-19 dalam tubuh seseorang. Derajat keparahan atau kesakitan yang diderita. Apakah seseorang masih dapat menularkan virus COVID-19.

Sebab tinggi atau rendahnya CT Value pada pemeriksaan PCR COVID-19 dapat dipengaruhi oleh banyak factor seperti: waktu pengambilan sampel, kedalaman pengambilan sampel, proses penyimpanan dan pengerjaan, serta perbedaan alat yang digunakan dan gen yang diperiksa.

Angka CT Value yang dicantumkan pada hasil tes PCR tidak dapay dibaca sebagai suatu parameter tunggal untuk mengetahui kondisi keseluruhan pasien. Tidak diperbolehkan untuk menyimpulkan ataupun mengambil keputusan sendiri berdasarkan angka CT Value PCR yang didapatkan.

Maka, selalu konsultasikan hasil CT Value swab PCR ke dokter, ahli atau fasilitas kesehatan terdekat. Karena penanganan dapat berbeda tergantung pada kondisi masing-masing pasien. (Sumber: Infografis Instagram @farmalkes). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: